Instagram Rilis Fitur Cegah Bullying Online

Tuesday, December 17, 2019 : 21:56
Instagram_rilis_fitur_cegah_bullying_online
Source: freepik.com

Setelah sebelumnya Instagram menyediakan fitur 'Restrick' (batasi) untuk cegah bullying online pada komentar.

Kini, Instagram kembali rilis fitur cegah bullying online lainnya dengan meluncurkan fitur baru yang dapat memberitahu jika kita telah menuliskan kata-kata yang dianggap ofensif pada postingan foto atau video.

Instagram_rilis_fitur_cegah_bullying_online
Source: techradar.com

Tapi, kita tidak perlu khawatir akun akan diblokir. Rincinya, ketika kita akan memposting sebuah foto atau video dan menulis caption, jika caption mengandung kata-kata yang dianggap ofensif, maka seketika akan muncul pemberitahuan, dan pilihan untuk mengedit caption, mempelajari lebih lanjut, atau tetap mempostingnya. Seperti dilansir techradar.com 

Dikabarkan, fitur ini baru diluncurkan di beberapa negara saja mulai hari ini. Siap siap ya Indonesia juga akan menjadi negara dimana fitur ini diberlakukan, tapi belum tahu kapan tepatnya.

Peluncuran fitur baru Instagram ini tentu memberikan manfaat untuk menghindari bullying online. Secara garis besar manfaatnya adalah sebagai berikut: 

Baca Juga : Tips Blokir Undangan Grup WhatsApp 

Manfaat Fitur Instagram Cegah Bullying Online 

1. Mencegah Bullying Online 

Tentu ini adalah tujuan utama dari peluncuran fitur baru Instagram ini. 

Mengingat kini banyaknya bullying online yang sulit untuk dikendalikan. Beberapa platform telah membuat fitur untuk mencegahnya. Selain Instagram, Twitter juga telah melakukannya. 

2. Mendorong Pengguna Lebih Bijak 

Dengan adanya fitur yang 'membatasi' kata-kata yang dianggap ofensif, tentu akan mendorong pengguna jadi lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Baik itu ketika membuat sebuah postingan, atau saat mengomentari postingan orang lain. 

3. Menghindari Depresi 

Konten di media sosial yang mengandung kata-kata ofensif tentu akan memberi dampak pada psikologis seseorang. Jika terjadi terus-menerus bisa saja memungkinkan seseorang tersebut mengalami depresi.

Namun, dengan adanya fitur baru Instagram cegah bullying online, maka kita dapat meminimalisir membuat seseorang atau bahkan diri kita sendiri depresi.

Pasti kamu juga pernah dengar kan banyak kasus mengenai bullying online yang berakibat fatal hingga seseorang mencoba bunuh diri. 

4. Ber-medsos Ria Lebih Nyaman 

Jika pemilihan kata dalam membuat konten ataupun berkomentar di media sosial lebih diperhatikan, tentu akan membuat kita lebih nyaman saat bermedsos ria.

Meskipun Instagram rilis fitur cegah bullying online, yang dapat mengingatkan untuk memilih kata yang baik. 

Alangkah lebih baiknya lagi kita tanamkan dalam diri untuk selalu berkata baik, alias tidak julid.

Bagaimana menurutmu?

Share this Article

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.

2 comments: