Sederet Buku Selesai Dibaca di 2019

Monday, December 30, 2019 : 08:44
Sederet buku selesai dibaca di 2019
Sederet Buku Selesai Dibaca di 2019 (source: dokumentasi pribadi)

Buat aku baca buku tuh rasanya males banget dan bikin ngantuk! Makanya nggak banyak buku yang selesai aku baca tahun ini. Karena sudah mau ganti tahun, aku mau ulas sederet buku selesai dibaca di 2019 lalu ah...

Daftar berikut ini adalah sederet judul buku yang aku ingat kalau sudah selesai aku baca di 2019.

Sederet Buku Selesai Dibaca di 2019

1. 24 Wajah Billy



Sederet buku selesai dibaca di 2019
24 Wajah Billy

Judul Buku
: 24 Wajah Billy
Penulis : Daniel Keyes
Penerjemah : Miriasti dan Meda Satrio
Penerbit : Qanita
Tahun Terbit : 2005
Tebal Buku : 700 halaman
ISBN : 979-3269-37-5

Kebayang dari judulnya ya, novel ini mengisahkan si Billy yang memiliki kepribadian lebih dari satu.

Buku ini aku baca karena disarankan oleh seorang teman online-ku di Instagram. Dan aku amaze ya saat baca novel ini. Keren banget ceritanya! Apalagi, digadang novel ini diangkat dari kisah nyata.

Rating : 4.5/5

2. Cantik Itu Luka


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Cantik Itu Luka

Judul Buku
: Cantik Itu Luka
Penulis : Eka Kurniawan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2004
Tebal Buku : 479 halaman
ISBN : 9786020366517

Dramatis, I love this book ya! Novel yang mengisahkan si Dewi Ayu (blasteran Jawa-Belanda) yang dipaksa jadi pelacur di akhir masa kolonial.

Aku nggak mau spoiler deh, kalian baca sendiri keseruan ceritanya. Hehe

Rating : 4.5/5

3. Non-Spesifik


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Non-Spesifik

Judul Buku
: Non-Spesifik
Penulis : Gratiagusti Chananya Rompas
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2017
Tebal Buku : 150 halaman
ISBN : 9786020351469

Puisi-puisi yang ada dalam buku ini memang nggak biasa. Diksinya lahir gitu aja dari 'apa adanya' si penulis.

Judul buku ini serupa dengan istilah gangguan yang diidap penulisnya, yakni bipolar non-psychotic non-specifik.

Rating : 4/5

4. Sudah Lama Tidak Bercinta Ketika Bercinta Tidak Lama - Berto Tukan


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Sudah Lama Tidak Bercinta Ketika Bercinta Tidak Lama

Apa yang kamu pikirkan tentang buku kumpulan puisi ini setelah membaca judulnya?😂

Ada satu puisi yang jadi favorit aku. Bunyinya gini...

Kita tinggalkan sebuah kota
Aroma debunya menempel di baju kita
Beberapa hari kemudian
Mereka berterbangan
Berganti debu kota tujuan

Itulah kepergian dan kedatangan
Ada yang terlepas dan ada yang melekat
Kepergian dan kedatangan
Kelupaan dan ingatan
Persetubuhan abadi

Rating: 3/5

5. You Are My Inspiration


Sederet buku selesai dibaca di 2019
You Are My Inspiration

Judul Buku
: You Are My Inspiration
Penulis : Panji Ramdana
Penerbit : Malkas Media
Tahun Terbit : 2015
Tebal Buku : 102 halaman

Nggak asing dong sama penulisnya? Itu loh melody dalam puisi yang tenar di Instagram.

Rating : 3.5/5

6. Selamat Menunaikan Ibadah Puisi


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Selamat Menunaikan Ibadah Puisi

Judul Buku
: Selamat Menunaikan Ibadah Puisi
Penulis : Joko Pinurbo
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2017
ISBN : 9786020331751

Diksi yang dipakai di setiap puisi cukup menarik, ada yang bikin senyum-senyum sendiri, dan banyak yang bikin mikir😂

Rating : 4/5

7. 1 Perempuan 14 Laki-laki


Sederet buku selesai dibaca di 2019
1 Perempuan 14 Laki-laki

Judul Buku
: 1 Perempuan 14 Laki-laki
Penulis : Djenar Maesa Ayu
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2011
ISBN : 9789792266085

Novel ini adalah kumpulan cerita yang dibuat penulis dengan 14 rekannya, dan semuanya adalah laki-laki. Sangat tergambar kan dari judulnya?😁

Dan menariknya, penulisnya bilang kalau semua cerita yang dibuat tidak berdasarkan konsep, jadi mereka menulisnya mengalir gitu aja. Tjakep!

Rating : 4.5/5

8. Stanza dan Blues - Kumpulan Puisi Terbaik W.S Rendra

Sederet buku selesai dibaca di 2019
Stanza dan Blues

Judul Buku : Stanza dan Blues - Kumpulan Puisi Terbaik W.S Rendra
Penyunting : Edi Haryono
Penerbit : Penerbit Bentang
Tahun Terbit : 2016
Tebal Buku : 124 halaman
ISBN : 978-602-291-220-0

Mengulas puisi-puisi W.S Rendra. Siapa coba yang gak tau beliau? Buku ini memang disajikan untuk pembaca yang ingin menikmati sajak-sajaknya W.S Rendra.

Rating : 3.5/5

9. Tapak Jejak


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Tapak Jejak

Judul Buku
: Tapak Jejak
Penulis : Fiersa Besari
Penerbit : Mediakita
Tahun Terbit : 2019
Tebal Buku : 312 halaman
ISBN : 978-979-794-586-2

Ini adalah buku ke-6 Fiersa Besari, yang merupakan sekuel dari buku sebelumnya "Arah Langkah". Menceritakan saat Fiersa menjelajahi indahnya Indonesia.

Rating : 4.5/5

Kepoin Fiersa Besari

10. Kota Ini Kembang Api


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Kota Ini Kembang Api

Judul Buku
: Kota Ini Kembang Api
Penulis : Gratiagusti Chananya Rompas
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2016
ISBN : 9786020334042

Anya Rompas memang punya ciri khas sendiri ya dalam diksi-diksi puisinya. Menarik. Salah satu yang jadi favoritku...

Di kota ini, malam selalu lebih panjang
dan siang
Lebih mencekam
dan kelam

Rating : 4/5

11. Milana


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Milana

Judul Buku
: Milana
Penulis : Bernard Batubara
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2013
Tebal Buku : 192 halaman
ISBN : 978-979-22-9507-8

Kumpulan cerpen dengan cerita yang menarik. Ini adalah buku pertama Bernard Batubara yang aku baca. Ada beberapa cerpen dengan bahasa yang berat, tapi di cerpen lain mudah dipahami.

Rating : 3.5/5

12. Aletta


Sederet buku selesai dibaca di 2019
Aletta

Judul Buku
: Alletta
Penulis : Galih Aditya
Penerbit : Mediakita
Tahun Terbit : 2018
Tebal Buku : 296 halaman
ISBN : 978-979-794-568-8

Baca novel ini berasa balik lagi ke jaman SMA. Hehe... Ceritanya renyah, penokohannya kuat. Alur maju-mundurnya juga mudah dimengerti.

Rating : 4/5

Kapan-kapan Hunting Buku di Sini


Kalau melihat dari jumlah buku yang aku baca, keliatan banget ya aku kurang minat baca. Ehehehe... Semoga di tahun 2020, aku bisa baca lebih banyak buku lagi, dengan genre buku yang beragam.

Katanya sih menurut penelitian, Indonesia ada di ranking 62 dari 70 negara soal minat baca ini. Sangat rendah ya, tapi apa iya sih begitu kenyataannya?

Kalau berkaca dari diri sendiri, sepertinya benar ya. Hahaha... Tapi apapun kenyataannya, semoga kita dibukakan pintu hatinya untuk lebih giat membaca buku. Karena buku adalah jendela dunia.

Well, kalau kamu... apa aja sederet buku selesai dibaca di 2019?












Share this Article