Cara Membuat Caption Instagram Rapi dengan Line Break

Friday, January 10, 2020 : 16:47
Cara_membuat_caption_instagram_rapi_dengan_line_break
Cara Membuat Caption Instagram Rapi dengan Line Break

Masih aja banyak orang yang nggak tau gimana cara membuat caption Instagram rapi dengan line break. Padahal jaman sekarang, siapa sih yang nggak punya Instagram? Pasti kebanyakan orang punya, bahkan punya akun lebih dari satu. Sepakat?

Menurut Wikipedia nih, Instagram atau yang biasa disingkat IG adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Instagram yang resmi diambil alih Facebook dari perusahaan Burbn.inc pada tahun 2012 ini punya cukup banyak fitur. Di antaranya:

Fitur-fitur Instagram

Mengunggah Foto

1. Kamera

Sesuai dengan fungsi utamanya yakni berbagi foto dan video, Instagram menyediakan kamera yang bisa digunakan pengguna. Hasil dari foto yang telah diambil ini bisa langsung di upload atau disimpan di device pemiliknya.

2. Filter foto

Kadang suka nggak puas ya sama hasil foto yang udah dijepret. Tenang, karena Instagram memberikan fitur yang komplit nih. Yakni filter foto. Tau nggak ada berapa macam filter foto di Instagram? Jawabannya 42 filter guys! Banyak banget kan.

3. Edit foto

Selain bisa memberi filter pada foto, kamu juga bisa mengedit foto sebelum diunggah. Adapun tools yang disediakan meliputi; Adjust, Brightness, Contrast, Structure, Warmht, Highlight, Saturation, Color, Fade, Shadow, Vignette, Tilt Shift, dan Sharpen.

4. Judul foto

Nah ini, judul foto alias caption. Jadi kita bisa menuliskan caption sesuka kita (asal nggak sebut kata-kata yang melanggar policy Instagram ya!), juga menambahkan lokasi, menandai orang, dan mengarahkan foto yang akan diunggah ke akun media sosial kita lainnya, seperti Fans Page Facebook, Twitter, dan Tumblr.

Di bagian ini nih yang jadi tantangan tersendiri gimana caranya supaya caption kita rapi. Karena Instagram belum mendukung adanya line break alias enter. Jadi harus disiasati atau menggunakan fitur pihak ketiga.

Ini nih yang mau kita bahas, buat kamu yang belum tau lanjutin baca sampai tuntas ya. Tapi sebentar ya, aku selesain basa-basinya dulu biar tulisannya agak panjang😁

Pengikut

Alias follower, adalah akun-akun Instagram yang sukarela mengikuti sebuah akun. Dengan menjadi follower sebuah akun, setiap postingan foto atau video yang diunggahnya akan muncul di beranda atau timeline kita.

Tanda Suka

Kalau di Facebook istilahnya "Like", kalau di Instagram namanya "Love". Sesuai dengan lambangnya ya yang berbentuk hati.

Love ini menjadi sebuah tanda kalau pengguna lain suka dengan foto yang diunggah. Jumlah love memengaruhi foto tersebut terkenal atau nggak. Semakin banyak love yang didapat foto itu memungkinkan foto tersebut muncul di Explore alias pencarian populer. Tapi bukan itu aja sih patokannya, karena jumlah pengikut alias follower akun juga memengaruhi, dan hal-hal lain yang menjadi penilaian Instagram berdasarkan rumus algoritmanya.

Selain beberapa fitur di atas masih banyak ya yang lainnya. Seperti kita juga bisa menyebut atau mention akun lain baik itu di caption ataupun di komentar. Ada juga Direct Message untuk berkirim pesan, IG story, save, mute pengguna lain, dan lain-lain.

Kembali ke topik awal, jadi untuk membuat caption Instagram rapi dengan line break versi aku ada tiga cara.

Mampir baca : Instagram Rilis Fitur Cegah Bullying Online

Cara Membuat Caption Instagram Rapi dengan Line Break

Cara Pertama

Kamu bisa menggunakan tanda baca seperti titik, atau emoticon (terserah kamu) saat membuat caption sebagai tanda enter-nya.

Jadi pastikan ketika mau di-enter jangan kasih spasi, langsung aja enter lalu beri tanda titik, lalu enter lagi, begitu terus sampai kamu rasa cukup sebagai pemisah paragrafnya.

Nah, contohnya seperti ini.

Cara_membuat_caption_instagram_rapi_dengan_line_break
Contoh 1

Cara_membuat_caption_instagram_rapi_dengan_line_break
Contoh 2

Tapi sayangnya, terkadang cara tersebut nggak efektif. Karena ketika foto diunggah, ternyata hasilnya malah berantakan. Seperti contoh gambar di bawah ini. Nah, sesuai captionnya noh gagal😭

Mampir baca : Heboh Berita Reynhard Sinaga, Tes Psikopat Yuk!

Cara_membuat_caption_instagram_rapi_dengan_line_break
Contoh 3

Cara Kedua

Kalau cara pertama gagal, kamu bisa pakai cara kedua ini. Yakni menuliskannya terlebih dahulu di notepad. Setelah caption rapi di notepad copy dan paste ke Instagram saat mau unggah foto. Aku biasanya sih berhasil, tapi kadang juga gagal😄

Kalau kamu juga gagal dengan cara kedua ini. Baiklah, mari ke cara ketiga dan insyaAllah manjur. Karena aku sudah membuktikannya. Hehehe.

Cara Ketiga

Menggunakan pretty-caption.com. Baiklah, karena Instagram tidak mendukung aku untuk membuat caption yang rapi, dan terkadang notepad di HP pun juga berkhianat. Aku harus menggunakan fitur milik pihak ketiga.

Kamu juga bisa pakai ini supaya captionnya rapi. Caranya tinggal masuk aja lewat pintu. Eh lewat browser ke www.pretty-caption.com. Setelah itu kamu tinggal ketik atau paste tulisan kamu dari note ke sini. Lalu pilih Generate & Copy.

Cara Membuat Caption Instagram Rapi dengan Line Break
Pretty-Caption

Huwalaaa... sesuai namanya. Setelah ini caption kamu bakal pretty!!! Nih contohnya🤭

Cara_membuat_caption_instagram_rapi_dengan_line_break
Contoh 4

Gimana mudah banget kan? Mau langsung coba?
Tapi nih ya aku kasih tau. Ada satu kekurangan dari pretty-caption ini. Ketika kamu unggah foto dan pakai pretty-caption, lalu foto atau video yang kamu unggah ke Instagram kamu sambungkan ke Fans Page Facebook. Di Facebook nanti tampilan caption kamu yang di instagram berupa enter di Facebook akan berubah jadi tanda tanya (?)

Mampir baca : Resensi Novel Bidadari untuk Dewa Karya Asma Nadia

Seperti contohnya di bawah ini.

Cara_membuat_caption_instagram_rapi_dengan_line_break
Contoh 5

Mungkin ketika kamu cek di akun Facebook kamu semuanya baik-baik aja. Tapi ternyata di device orang lain lah caption itu baru ketauan berantakannya. Kalau mau, kamu bisa edit caption di Facebook secara manual biar rapi lagi.

Okedeh, semoga cara membuat caption Instagram rapi dengan line break ini bermanfaat. Selamat membuat caption!😁

Share this Article

21 comments:

  1. Wah iya ya rapi juga, lumayan nih fiturnya membantu banget kalau mau nulis caption panjang. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, setelah tau ini aku jadi selalu pakai pretty-caption ini kalau mau posting di instagram. hehe

      Delete
  2. Hmm...ternyata itu rahasianya, pake pretty-caption. Kalau aja tau pas dulu masih aktif main IG.

    ReplyDelete

  3. Will tryyyy..makasiii ya infonyaaa

    ReplyDelete

  4. Naah menarik nih untuk dicoba karena IG ku juga masih berantakan lama tak terurus.😄😄

    Thanks yaa sudah berbagi.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sip banget kan. Selamat mencoba ya :)

      Delete
  5. Mau di coba, karena tampilan rapih akan menarik perhatian orang di IG, thanks.

    ReplyDelete
  6. Waaah akhirnya ada solusi biar caption IG makin rapii. Selama ini coba pake titik-titik atau emoji tapi suka gagal, alhasil edit berkali-kali. Thank you tipsnya dan salam kenal ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga. Iya ini memang solusi praktis buat bikin caption instagram rapi hehe. Selamat mencoba!

      Delete
  7. sampai membuat caption pun bisa ya. efek saya jarang pakai instagram jadi ketinggalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ayo pakai instagram lagi, kan banyak manfaatnya bisa untuk promosi produk/jasa kita, atau branding awareness profil kita :)

      Delete
  8. Ini barusan tadi pagi terjadi, Mbak. Biasanya aku post foto Ig gak pernah pake caption, baru kali ini bikin caption panjang lebar sampe berparagraf-paragraf. Setelah submit, eh berantakan semua. Ternyata gitu caranya supaya rapi. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pas banget, langsung bisa dipraktekin nih kalau gitu :)

      Delete
  9. Makasih informasinya :) wah baru tahu saya

    ReplyDelete
  10. Tengkiuuu, saya dong baru tahu prettycaption itu dari sini, dan langsung pakai itu terus, jadi caption di IG jadi lebih rapi, nggak semburat nggak karuan hahahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi bermanfaat ya mba.. seneng deh captionnya rapi sekarang yeayyy :)

      Delete
  11. Aku biasanya nulis di notepad kalo sedang rajin :D. Biasanya slalu berhasil, walo pernah bagian ujungnya agak berkhianat :p. Tp Gpp lah kalo cuma dikit.

    Memang suka gemes ya kalo baca caption yg berantakan gitu. Apalagi terlalu panjaaaaaang banget tanpa ada line break. Udh males aku baca kalo gitu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bikin sakit mata haha.. tapi sekarang ada cara mudahnya. Semoga berhasil ya dan rapi captionnya mulai sekarang :)

      Delete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.