Serunya Tadabbur Alam Bersama Adik Panti Asuhan

Thursday, January 23, 2020 : 11:24
Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Tadabbur Alam Cinta Alam & Cinta Sosial

Minggu lalu, aku berkesempatan untuk tadabbur alam bersama adik dari Panti Asuhan Jabal Nur dan Rumah Asuh Husni Dinar Abbas di Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung.

Ini juga pertama kalinya aku ke taman kupu-kupu, ternyata nggak hanya bisa melihat kupu-kupu terbang bebas secara langsung, tapi kita juga dapat ilmu dari edukasi yang diberikan pihak pengelola.

Acara Tadabbur Alam Bersama Adik Panti Asuhan

Acara taddabur alam ini diawali dengan pembagian kelompok bersama kakak-kakak panitia yang tergabung dalam beberapa komunitas. Karena hari ini adalah full bermain dan belajar, jadi kami telah merancang beberapa games untuk dilakukan bersama-sama.

Setelah pembagian kelompok, kami menyempatkan shalat dhuha terlebih dahulu, setelah itu disusul dengan acara seremonial.

Mengunjungi Museum Kupu-kupu

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Museum Kupu-kupu

Kegiatan pertama adik-adik didampingi kakak-kakak memasuki Museum Kupu-kupu, di sana ada banyak lukisan kupu-kupu dalam figura, dan kupu-kupu yang telah diawetkan. Sembari melihat-lihat koleksi di sana, pihak pengelola memberikan informasi seputar kupu-kupu.

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Materi oleh Pihak Pengelola

Museum Kupu-kupu ini ada 4 lantai, lantai 1 dan 2 berisikan beraneka ragam lukisan dan kupu-kupu yang diawetkan, sementara lantai 3 berisikan bangku-bangku dan meja untuk duduk santai, dan di lantai 4 kita bisa melihat pemandangan sekitar dari ketinggian.

Ke Penangkaran Kupu-kupu

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Melihat Ulat di Penangkaran Kupu-kupu

Setelah berkeliling museum, adik-adik panti asuhan langsung diarahkan untuk ke penangkaran kupu-kupu. Di sini kita bisa melihat sekumpulan ulat-ulat yang imut (imut atau jijik ya?)

Di sini adalah tempat ulat-ulat hidup, dan berubah menjadi pupa alias kepompong sebelum mereka akhirnya menjadi kupu-kupu.

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Penangkaran Kupu-kupu

Di sini juga kita bisa melihat secara langsung kupu-kupu dewasa yang terbang bebas. Lokasi ini sedikit jauh dari pusat kota, dan masih asri, sehingga kita bisa dengar suara jangkrik dan lain sebagainya, dan banyak nyamuk ya.

Bermain Games

Lepas dari penangkaran kupu-kupu, kakak-kakak panitia mengajak adik-adik panti asuhan bermain games.

Finding Surah

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Games Finding Surah

Games yang pertama adalah finding surah, alias menemukan ayat. Mulanya kakak-kakak panitia telah menempelkan secarik kertas yang digulung di berbagai tempat, seperti di pohon, di ayunan, di pendopo, dll. 

Adik-adik yang telah dibagi kelompok, diharuskan untuk mencari potongan ayat sesuai petunjuk. Setelah mereka berhasil mengumpulkannya, mereka harus menyusun ayat itu sehingga menjadi surah yang sempurna.

Permainan ini sangat bagus menurutku, selain mengasah kekompakan dan kerjasama, juga melatih hafalan adik-adik.

Estafet Kelereng

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Games Estafet Kelereng

Selesai dari games pertama, adik-adik kembali diuji kekompakannya dengan bermain estafet kelereng. Seperti estafet kelereng pada umumnya, setiap anggota kelompok yang telah memegang sendok, diharuskan untuk mengambil kelereng lalu memberinya ke anggota di belakangnya dan seterusnya dan anggota yang terakhir memasukkan kelereng ke gelas.

Kelompok yang berhasil memasukkan banyak kelereng lah yang akan menjadi juaranya.

Sambung Kata

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Games Sambung Kata

Permainan ini nih yang menurutku paling seru dan lucu. Karena setiap anggota kelompok dituntut untuk mengingat sepenggal kalimat yang harus disampaikan ke anggota kelompok lainnya. Anggota paling akhir akan bertugas untuk menyetor kalimat yang ia dengar.

Adik-adik yang terdiri dari kelas 1 SD sampai 2 SMA ini tingkahnya lucu-lucu, namanya juga anak-anak ya...

Shalat Dzuhur Berjamaah

Setelah permainan selesai, waktu menunjukkan jam 12 siang. Adik-adik dan semua panitia bergegas ke masjid untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah.

Fyi, Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung menyediakan mushala panggung di dalam lokasi. Sementara di sebrang terdapat masjid. Nah, di masjid inilah kami melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah.

Makan Siang Bersama

Setelah selesai melaksanakan shalat dzuhur, kami semua makan siang bersama. Memang dasar anak-anak ya, ketika makan aja semua pada anteng gak berisik. Hehehe....

Karena memang adik-adik ini pada aktif dan gak bisa diem deh. Tapi untungnya masih bisa dibilangin dan diarahin.

Pembagian Hadiah

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Pembagian Hadiah

Supaya adik-adiknya makin senang, kakak-kakak panitia sudah nyiapin beberapa hadiah untuk kelompok yang menang games.

Hadiahnya ini terbagi dalam tiga kategori, kelompok terbanyak menang, kelompok terheboh, dan yel-yel terbaik.

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Sesi Pembagian Hadiah

Oh iya, jadi setiap kelompok punya yel-yelnya sendiri gaess, yel-yelnya ini udah disiapin sama kakak pendampingnya masing-masing.

Selain hadiah untuk tiga kategori di atas, ada hadiah lain yang disiapin yakni untuk peserta ter-excited, dan peserta ternurut. Ehehehe....

Foto Bersama

Serunya_tadabbur_alam_bersama_adik_panti_asuhan
Sesi Foto Bersama

Pada intinya semua anggota mendapat hadiah kok. Tenang aja, heheh... setelah semua dapat hadiah, kami melakukan sesi foto dong untuk kenang-kenangan. Cekrek... cekrek... cekrek... jadi deh.

Bubar

Setelah sesi foto beres, bubar!!! Eheheh... adik-adik udah boleh pulang ke panti asuhannya masing-masing.

Acara selesai tepat pukul 2 siang. Setelah adik-adik pulang, kakak-kakak panitia harus beberes dulu dong, supaya tempa acaranya bersih dan rapi lagi.

Ingat, jaga kebersihan lingkungan sekitar. Hehe...

Pelajaran yang Kuambil

Aku banyak belajar dari kegiatan seru ini. Kegiatan yang awalnya aku gak sengaja ikutan, berawal dari teman yang share poster di grup WhatsApp, kumpul untuk rapat panita, dan eksekusi deh di hari-H.

Nambah Teman

Karena berawal dari gak kenal, kegiatan ini bikin aku nambah teman. Aku ketemu dengan teman-teman baru yang seru dan ramah. Menyenangkan banget bisa kenal mereka.

Berbagi Kebahagiaan

Mengajak bermain dan belajar adik-adik panti asuhan adalah cara kami untuk berbagi kebahagiaan. Meskipun terbilang sederhana, tapi bisa bermain dan belajar bersama mereka adalah upaya maksimal yang kami lakukan.

Saat mereka ditanya kesan pesannya dengan kegiatan ini, mereka antusias banget bilang senang dan pengin lagi. Yah, semoga aja next time bisa ketemu mereka lagi dan bisa bermain lagi ya.

Nambah Wawasan

Seperti yang kubilang di atas, ini pertama kalinya aku mengunjungi taman kupu-kupu, aku jadi tau banyak deh tentang kupu-kupu dan kehidupannya. Sebenarnya pas di penangkaran kupu-kupu yang banyak ulatnya itu ditawarin untuk megang ulat secara langsung. Tapi.... hell no! Thanks!!!

Belajar dari Games

Games-games yang seru tentunya ada pelajaran yang bisa diambil, seperti mengasah kekompakan dan kerjasama, harus sabar, teliti, cekatan, dll.

Sama seperti kita menjalani kehidupan ini, baik dalam bergaul ataupun dalam dunia kerja. Harus bisa diajak kerjasama, sabar, teliti, cekatan, dll.

Semangat!!!

Belajar dari Kehidupan Kupu-kupu

Kupu-kupu menjadi salah satu makhluk ciptaan Allah yang mengalami metamorfosis sempurna. Berawal dari telur, menjadi ulat yang bikin geli dan jijik, kemudian menjadi kepompong, puasa selama beberapa hari, sampai kemudian ia berubah menjadi kupu-kupu yang indah.

Kehidupan kita pun juga seperti itu, butuh proses! Mana bisa kita langsung jadi orang hebat dan tajir melintir, kalau kita gak melewati proses dari susah terlebih dahulu?

Aku belajar dari ulat yang nampak menjijikan dan geli. Seperti manusia yang tak luput dari kekurangan. Kita nggak bisa bahagiain semua orang, tapi dengan kekurangan kita ini, kita harus buktiin bahwa ada sisi kelebihan dalam diri kita yang akan mengantarkan kita menjadi orang yang luar biasa.

Seperti ulat yang melewati proses menjadi kupu-kupu yang indah. Manusia juga harus melewati proses untuk menjadi seseorang yang hebat dan luar biasa. Ayooo... semangat menggapai mimpi dan cita-cita!!!

Mampir baca : Rahasia Transfer Antar Bank Bebas Biaya Admin

Well, the last... aku ucapin big thanks untuk segenap kakak-kakak panitia yang udah welcome sama aku dan mengajak adik-adik bermain dan belajar.

Big thanks juga untuk adik-adik yang super gemas karena telah mengajarkanku indahnya arti berbagi kebahagiaan.

Big thanks to Allah juga tentunya yang masih menjadikanku manusia yang pandai bersyukur. Mampir baca : Cara Membuat Caption Instagram Rapi dengan Line Break

So, gitu aja deh ya share pengalamanku serunya tadabbur alam bersama adik panti asuhan. Kamu juga ada pengalaman tadabbur alam? Atau pernah juga ke taman kupu-kupu? Atau pernah bermain bersama adik-adik panti asuhan juga? Yuk share!

See you!

Share this Article

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.

3 comments:

  1. Pasti seru sekali, Mbak. Bisa menambah teman, tambah pengalaman, tambah wawasan, bisa berbagi kebahagiaan pula. Lihat adek-adek senang tentunya jadi ikutan senang juga.😊

    ReplyDelete
  2. Wah menyenangkan sekali, mulai dari belajar banyak hal di museum kupu-kupu, lanjut ke tempat penangkarannya, ada games-nya pula. pasti seru banget, ya..

    ReplyDelete