Dikejar Deadline? Tenang, Coba Pakai Metode BIJAK Ini

Wednesday, February 19, 2020 : 12:16

Dikejar Deadline Tenang, Coba Pakai Metode BIJAK Ini
Dikejar Deadline? Tenang, Coba Pakai Metode BIJAK Ini

Beberapa pekan ini aku lebih mudah panik, napas pendek pendek, dan sering gagal fokus lantaran dikejar deadline. Sebenarnya alhamdulillah sih karena project lagi berdatangan, tapi kok mereka ini beraninya ‘keroyokan’ sih.

Kadang suka sebel kalau lagi dikejar deadline, apalagi kalau kliennya banyak mau dan nggak toleran sama kondisi kita.

Tapi, beberapa hari ini aku mulai menata diri dan pikiran supaya nggak stres karena kerjaan. Dan, aku punya metode BIJAK yang bisa diterapin.

Coba pakai metode BIJAK ini deh saat kamu dikejar deadline. Kalau di aku sih it works, semoga di kamu juga!

Metode BIJAK saat Dikejar Deadline


Apa itu metode BIJAK?

Sebenarnya aku ngarang2 aja sih eheheh.... B.I.J.A.K ini adalah singkatan dari :

B = Bagi tugas
I = Istirahat sejenak
J = Jangan salfok (salah fokus)
A = Atur waktu
K = Koordinasi dengan pihak lain

 

B = Bagi tugas (Metode BIJAK saat Dikejar Deadline)


Maksudnya coba lah untuk membagi tugas ke dalam beberapa kelompok. Bisa berdasarkan tingkat kesulitan, atau kapan tugas tersebut harus dikirim.

Terkadang, kalau deadline nya masih agak lama. Aku memilih untuk mengelompokkan tugas berdasarkan tingkat kesulitan.

Aku yang notabene Freelance Content Writer, punya setumpuk tugas membuat artikel dan copywriting.

Jadi, sistematisnya gini...

Artikel dengan tema yang menurut aku mudah, aku kerjakan lebih dulu di bukan waktu fokus. Karena setiap orang kan punya waktu fokusnya masing2. Misalnya aku lebih fokus mengerjakan artikel di pagi dan sore hari.

Nah sementara bukan waktu fokusku adalah siang dan malam hari. Untuk artikel yang menurutku mudah, aku kerjakan di siang dan malam hari.

Sementara untuk artikel dengan tema yang menurut aku sulit, dan harus melakukan riset mendalam dulu sebelum menulisnya, aku khususkan dikerjakan saat pagi atau sore hari. Ini adalah waktu dimana otakku dalam keadaan fresh dan siap menghadapi kesulitan tingkat tinggi (haiissh lebay).

I = Istirahat sejenak (Metode BIJAK saat Dikejar Deadline)


Handphone aja panas kalau dipake buat telponan lama2, robot juga bisa eror kalau terus terusan dipaksa kerja. Yah, meskipun badan dan otak manusia lebih hebat dan canggih dari keduanya, tapi tetap kita ini butuh istirahat.

Nggak ada salahnya kok tidur siang di sela jam kerja, eheheh... daripada dipaksa kerja dan hasilnya nggak maksimal.

Di waktu istirahat, coba stretching supaya otot otot kita nggak kaku. Bisa memanfaatkan kursi dan meja kerja, atau benda besar dan berat lainnya. Sudah banyak tutorialnya di Google dan YouTube, bisa dicari.

Saat istirahat ini juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan hal yang kita senangi, seperti buka media sosial, menonton video lucu, minum coklat panas, ngemil, dan lainnya. Supaya otak kita kembali segar, dan semangat mulai kerja lagi.

Kalau favoritku sih minum coklat panas sambil liat postingan unfaedah di Instagram haha... setelah ngakak ketawa jadi fresh lagi dan siap tempur.

Atau kadang aku sejenak galau galauan baca puisinya Sapardi Djoko Damono atau pujangga lainnya, asal jangan sampai nangis aja.

J = Jangan salfok (salah fokus) Metode BIJAK saat Dikejar Deadline


Pada poin pertama kita sudah membagi tugas, tujuannya supaya pikiran dan fokus kita nggak campur baur antara satu tugas dengan tugas lainnya.

Nah jadi jangan salfok ya, ketika mengerjakan tugas A, ya hanya fokuslah ke tugas A. Supaya pekerjaan cepat selesai, dan bisa melanjutkan ke tugas lainnya.

Terkadang kan kalau tugas nggak dibagi dengan rapi, saat kita mengerjakan satu pekerjaan, kita bakal kepikiran sama pekerjaan lainnya. Dan ini tentunya akan menyita waktu.

Dikejar Deadline Tenang, Coba Pakai Metode BIJAK Ini
Ilustrasi Dikejar Deadline (source: freepik.com)

A = Atur waktu (Metode BIJAK saat Dikejar Deadline)


Nah penting mengatur waktu saat sedang dikerjar deadline. Jangan sampai kita dikuasai waktu, tetapi kitalah yang bisa menguasai waktu.

Kunci sukses dalam mengatur waktu adalah nggak menunda nunda pekerjaan. Misalnya, sebenarnya pekerjaan A bisa dikerjakan pagi, supaya siang kita bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Tapi, karena nggak kuat sama godaan bantal dan guling yang pengin dipeluk akhirnya kita terlena malah ketiduran lagi.. (ih curcol banget)

Jadi, usahakan untuk nggak menunda nunda pekerjaan. Supaya tugas bisa kelar saat atau bahkan sebelum deadline berakhir.

K = Koordinasi dengan pihak lain (Metode BIJAK saat Dikejar Deadline)


Poin ini paling bisa dilakuin sama pekerja kantoran nih, yang punya rekan kerja dan tim di bidangnya.

Saat memang satu tugas nggak bisa kita pegang karena masalah kesulitan dan deadline yang sebentar lagi. Baiknya memang koordinasi dengan pihak lain yang bisa membantu kita.

Jangan paksakan diri kita kalau memang kita tidak bisa menghandle-nya.

Cari teman yang bisa membantu mengerjakan tugas kita. Tapi jangan tuman ya, laju dikit dikit minta bantuan. Nanti yang ada malah sebel tuh temannya dan kita jadi bahan gibah. Haha..

Poin ini bisa jadi solusi terakhir kalau memang kita kewalahan saat dikejar deadline.

Kesimpulan 

Apapun pekerjaaan kita, memprioritaskan waktu dalam mengerjakannya adalah poin plus bagi kita. Maka kita yang harus menyiasatinya sendiri saat dikejar deadline.

Gimana, ada yang lagi dikejar deadline juga nggak? Coba deh pakai metode BIJAK ini. Siapa tau manjur. Intinya sih cintai apa yang kita kerjakan supaya ikhlas dalam mengerjakannya, jadi nggak kebawa stres.
Share this Article

1 comment:

  1. setelah merasa kok gak bisa-bisa nulis lagi padahal ada deadline artikel, kok kerjaan rumah gak selesai-selesai, kok rebahan aja, akhirnya ada temennya ternyata, Terima kasih atas sharing metode BIJAK nya kak. wanna try after this

    ReplyDelete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.