Jadi Cowok Kok Cengeng? Jangan Nangis!

Saturday, March 28, 2020 : 10:46
Jadi Cowok Kok Cengeng? Jangan Nangis!
Jadi Cowok Kok Cengeng? Jangan Nangis! (source: freepik.com)
Gegaranya tuh adik bungsuku gak sengaja kepentok pintu di rumah, trus dia terisak nangis gitu lirih sambil megang kepalanya yang sakit. Hampir aja aku terucap jadi cowok kok cengeng? Jangan nangis!

Tapi aku urungkan niat itu, karena kasian sih ngeliatnya kesakitan gitu. Bocah laki2 kelas 3 SD ini termasuk bandel soal sakit, kalau sampai dia merintih gitu berarti memang beneran sakit.
Bicara soal cowok cengeng, memangnya sejak kapan sih cowok gak boleh nangis?

Kenapa terpatri dalam kamus hidup ini bahwa cowok gak boleh nangis, cowok harus kuat. Dimana cengeng dan nangis itu identik dengan kaum hawa aja.

Kenapa Kita Bisa Menangis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menangis adalah melahirkan perasaan sedih (kecewa, menyesal, dan sebagainya) dengan mencucurkan air mata serta mengeluarkan suara (tersedu sedu, menjerit jerit).

Menangis itu manusiawi, semua orang pasti pernah menangis, baik itu yang terang terangan, ataupun sembunyi2 di dalam kamar sambil meluk guling, hehehe...

Tapi, menangis gak cuma karena rasa sedih. Bisa juga karena rasa bahagia yang tak terkira, atau terharu.

Menangis seperti ini akan mengeluarkan air mata emosional. Karena air mata keluar dengan diliputi berbagai macam emosi tersebut, seperti bahagia, sedih, takut, dan stres.

Kalau kata para ilmuwan, air mata emosional ini punya hormon dan protein yang gak ada di jenis air mata lainnya.

Nah, air mata lainnya itu seperti air mata basal yang memang selalu ada di mata. Fungsinya untuk menjaga mata dari kekeringan apalagi pada bagian kornea mata.

Ada juga air mata refleks yang akan muncul saat mata kita iritasi bisa karena asap, debu, atau saat ngupas bawang merah. Eheheh...

Manfaat Air Mata Emosional

Nah, air mata emosional ini ada manfaatnya loh. Jadi, jangan suka ledekin teman yang nangis karena diputusin pacarnya ya. Ehehehe...

1. Mendapat perhatian

Ada sebuah pernyataan yang diungkapkan Berkeley Wellnes, dia bilang wanita dewasa lebih sering nangis dibanding laki laki. Hey ladies, setujukah?

Tapi masuk akal kan, nangis tuh salah satu manfaatnya adalah untuk mendapat perhatian. Hahaha..

Yah, liat aja bayi yang nangis supaya diperhatikan orang sekitarnya, karena mereka lapar, takut, atau alasan lainnya.

2. Meringankan stres

Ini sih yang menurut aku paling kerasa manfaatnya. Karena dari hasil penelitian, nangis itu bisa melepas hormon stres dan zat beracun lain yang numpuk.

Katanya juga, kebiasaan menahan air mata bisa berisiko penyakit jantung dan meningkatkan tekanan darah tinggi.

Huuh, alih alih gak nangis biar keliatan gentleman eh malah berisiko penyakit yang mengerikan. Pilih mana, bro?

3. Ikatan sosial

Menangis itu bagian sangat penting dari jadi seorang manusia! - kata Michael Trimble yang aku kutip dari Kompas.

Tuh kan, nangis itu manusiawi kok. Jadi, mau cewek atau cowok, gak usah malu buat nangis.
Trus, biasanya apa ya alasan seorang cowok menangis? Yuk, coba para ganteng2 berikan pendapatmu.

Alasan Cowok Nangis!

Ini adalah sederet alasan cowok nangis dari hasil aku melihat cowok2 di sekitarku, dari membaca literatur, dan beberapa artikel di internet. CMIIW.

1. Merasa kehilangan

Menjadi hal yang sangat manusiawi kita nangis karena merasa kehilangan, kehilangan apa nih? Kehilangan dompet? Ya, bisa juga sih nangis waktu dijambret, hehe..

Tapi dalam hal ini adalah kehilangan orang yang paling dia cintai. Misalnya orangtua, saudara, kekasih, dan siapapun itu yang ia cintai.

Meskipun demikian, ada juga cowok yang berhasil menahan air matanya di depan orang lain. (jangan2 dia akan nangis histeris waktu di kamar sendirian?) Hehehe...

2. Ditimpa masalah besar

Hidup memang penuh masalah, ada yang menghadapinya dengan easy going, ada yang sampai stres saking beratnya masalah yang ia hadapi.

Hal ini juga terjadi pada cowok. Menurutku, ketika ada seorang cowok yang nangis karena masalah yang dihadapi, sikap kita bukan ngeledek dia cengeng. Tapi cobalah untuk merangkulnya, dengarkan keluh kesahnya, puk-puk pundaknya. Jadi pendengar yang baik adalah sebuah cara untuk membantu dia melepas stres.

3. Merasa bersalah dan menyesal

Pernah liat sinetron pasangan suami istri berantem abis itu si cowoknya nangis minta maaf ke istrinya? Haha... kira2 itu air mata buaya bukan ya kalau di dunia nyata? Oooppsss!

Saat cowok udah merasa bersalah dan menyesal, dia bisa aja menyalahkan diri sendiri.
Dengan sepenuh hati minta maaf dan ngaku menyesal atas perbuatannya, eh dia meneteskan air mata deh.

4. Melihat orang yang dicintainya bahagia

Karena nangis itu gak hanya mewakili perasaan sedih, tapi juga perasaan bahagia.

Pernah kan liat pengantin laki2 yang menangis saat pertama kali liat kekasihnya mengenakan gaun pengantin di hari pernikahannya? Unch unch... terharu liatnya.

Atau waktu ngasih kado ke orangtuanya, dan orangtuanya nangis. Eh dia ikutan nangis juga.

Atau waktu menemani istrinya melahirkan sang buah hati, setelah bayinya lahir, dia menangis bahagia karena istrinya berhasil melahirkan anaknya dengan sempurna.

Pada intinya cowok nangis itu wajar kok. Tapi dengan catatan, karena alasan apa dulu nih nangisnya? Hehe...

Gimana kalau ada cowok yang baru nonton drama korea sad ending aja udah mewek? Heheh... mungkin itu saking dia terbawa perasaan ya. Atau, nangis karena baca puisi cinta yang sedih?

Tapi, that’s not kind of a gentleman, guys! On my opinion.

Karena, menangislah untuk hal2 yang memang perlu untuk ditangisi. Meskipun mata bisa memproduksi air mata terus, tapi, stop untuk hal yang sebenarnya gak penting untuk ditangisi. CMIIW.

So, kalau ada cowok di dekatmu nangis, apa masih bilang jadi cowok kok cengeng? Jangan nangis! ???
Share this Article

14 comments:

  1. ngebayangi kalo seorang cow lagi nonton drakor trs mewek,,,,pasti aneh tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu mba, hahaha cowok badan macho tapi hati hello kitty haha

      Delete
  2. Menangis karena terharu saat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya di momen tertentu 😭💪😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti si minion ya mas? ehehehe... gpp kalo ini, berarti lagi terharu

      Delete
  3. Kalo saya ngeliat secara langsung cowok nangis itu cuma pas ngelayat, sisanya online, atau cowknyo nangis kmrn trus curhat besoknya klo kmrn abis nangis 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pas ditinggalkan orang yang dicintai mah wajar ya kak dia nangis, karna pasti itu sedih betul

      Delete
  4. jadi ingat waktu dulu, saya pernah liat senior saya di kampus nangis kala pertanggung jawaban jabatan, beliau nangis merasa gagal menjadi ketua saya sampai nangis kala itu, pertama kali kayaknya saya nangis karena lihat cowok nangis dan karena itu saya gak bisa lupa sama beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi pengalaman tak terlupakan ya mba? berarti itu dia lagi merasa bersalah dan menyesal, makanya sampai nangis gitu

      Delete
  5. Cowok juga manusia biasa, kadang heran aja sama yang ngeremehin dengan ngomong kayak gitu sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak. menurut aku juga hal yang wajar kok kalau cowok nangis. toh nangis itu tuh manusiawi

      Delete
  6. Menurutku,cowok nangis itu manusiawi. Ngga ada salahnya menangis, asalkan tidak berlebihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas, hal yang wajar kok cowok nangis. ya tapi itu bener, asalkan tidak berlebihan

      Delete
  7. sebenernya menangis itu manusiawi, gender banget kalo masyarakat menaruh pandangan bahwa yang berkelamin laki-laki dilarang ini itu dan kalo nggak mampu bakal dijudge layaknya mereka gak lolos qc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, setuju mba. Karena cowok juga manusia jadi wajar aja kalo dia nangis. toh juga pasti ada alasannya dia nangis kenapa :)

      Delete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.