Keuntungan Work From Home yang Patut Disyukuri

Sunday, March 29, 2020 : 06:00

Keuntungan Work From Home yang Patut Disyukuri
Keuntungan Work From Home yang Patut Disyukuri
Sekalinya buka media sosial, ada aja orang yang post ngeluh karena harus WFH alias Work From Home. Padahal orang yang sama itu juga sering ngeluh kalau pas lagi kerja di kantor.

Manusia memang gak pernah puas ya, ada aja dikeluhin. Padahal banyak yang bisa disyukuri daripada dikeluhkan.

Termasuk saat harus mau gak mau WFH, padahal kan ada banyak keuntungan work from home yang patut disyukuri.

Keuntungan Work From Home yang Patut Disyukuri

Ayo, coba deh direnungkan. Pasti ada banyak hikmah yang bisa diambil dari pandemi virus corona / Covid-19 ini. Kadang kita aja yang sok menutup mata dan telinga dibandingkan menerima kenyataan.
Berikut ini adalah keuntungan work from home yang semestinya kita syukuri, daripada terus terusan mengeluh.


Bukan bermaksud menggurui ya teman-teman, hanya sharing aja. Pasti dalam hati kalian juga sepakat kan?

1. Lebih banyak waktu bersama keluarga

Poin nomor satu ini pasti kerasa banget buat ayah atau ibu yang terpaksa meninggalkan anak-anaknya untuk bekerja.

Atau buat teman-teman yang kerjanya sering lembur dan lebih memilih memanfaatkan weekend untuk nongkrong daripada kumpul keluarga di rumah.

Keadaan bumi saat ini sebagai isyarat untuk memberikan kita kesempatan kumpul bersama keluarga di rumah. Meluangkan waktu untuk sekadar bercerita tentang keadaan kantor, sekolah, atau membahas langkah besar untuk masa depan, apa salahnya? Yuk deh coba!

2. Kesempatan kerja sambil rebahan

Ambil hikmahnya aja, kapan lagi bisa kerja sambil rebahan kalau gak pas lagi WFH gini?
Yah kecuali memang kalian kerja di perusahaan startup yang menerapkan lingkungan kerja super asyik seperti di Google.

Cara kerja di kantor yang terkesan kaku, gak memungkinkan kita bisa ngetik sambil tengkurap misalnya. Saat WFH ini lah kita bisa kerja leha leha, bahkan saat belum mandi atau masih pakai daster. Seru kan?

Kalau buat cewek nih, pagi-pagi gak usah rempong dandan. Kalau memang harus virtual meeting yah poles aja lipstik, beres deh?

3. Hemat ongkos dan minim jajan

Jujur deh, pengeluaran bulanan kita sebagian besar terkuras untuk memenuhi biaya transportasi mondari mandir kantor – rumah kan?

Belum lagi kalau pas jam makan siang, meskipun udah bawa bekal dari rumah. Tapi kadang tetep aja tergoda beli jajan kalau diajak teman kantor.

Saat WFH seperti ini kita bisa hemat ongkos dan minim jajan. Alhasil ada sisa uang dari uang belanja bulanan yang bisa ditabung.

Nantinya bisa kita pakai untuk beli barang yang kita butuhkan, atau sekadar traktir teman dan keluarga makan, gimana menurutmu?

4. Meringankan stres

Well, maksudnya meringankan stres karena kita gak harus terjebak kemacetan jalan raya yang sering bikin kesel.

Tapi mungkin saat WFH seperti ini faktor stresnya berubah ya, hehe... bisa jadi stres karena kaget dengan sistem kerja WFH, atau bosan karena seharian di rumah.

But, please be calm! Keadaan seperti ini gak akan selamanya kok. Berdoa aja semoga pandemi ini cepat usai dan semua kembali normal.

5. Kesempatan olahraga ringan

Waktu kerja di kantor, jarang olahraga alasannya gak punya waktu. Sekarang seharian kerja di rumah mau alasan apa lagi?

Justru, olahraga ringan seperti sit up, push up, atau plank bisa dikerjakan di sela-sela waktu kerja depan laptop. Seru kan?

Apalagi sekarang kita lagi gencar-gencarnya menjaga kesehatan supaya gak sakit. Nah, cocok banget nih work from home sambil olahraga ringan.

Kesimpulan

Intinya sih, syukuri aja apa yang saat ini terjadi. Bumi akan kembali normal, jadi daripada ngeluh terus di media sosial yang akan berdampak menyebarkan negative vibes ke orang lain mendingan bersyukur dengan melihat poin-poin di atas ini.

Peace ya! Aku hanya sekedar sharing. Karena sebelum adanya penyebaran virus corona/ Covid-19 ini, aku sudah lebih dulu bersyukur dengan bisa memanfaatkan 5 poin di atas sejak memutuskan untuk jadi freelance writer, yang sudah tentu ada kelebihan dan kekurangan jadi freelancer ya.


So guys, keuntungan work from home yang patut disyukuri di atas semoga bisa kalian manfaatkan juga ya. See you!
Share this Article

14 comments:

  1. Kenapa sih orang beramai-ramai menyalahkan corona, kan sedih kasian corononya *ehh

    Iya, mbak sebenarnya banyak hikmah yang diperoleh dari merebaknya wabah corona ini. Terutama yang poin satu. Kita secara tidak sadar kalau semasa aktif kerja/kuliah pasti waktu banyak tersita ke situ. Nah bandingkan dengan corona ini, uhh rasanya lebih menikmati waktu bersama keluarga๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, corona emang salah kakak. huhu semoga dia cepet pergi deh. biar semuanya kembali normal. beneran deh sedih akutuh...

      aku tuh seneng kerja di rumah, tapi kalo dilarang untuk keluar rumah kok sebel juga :(

      Delete
  2. Kadang heran juga aku sama orang-orang yang ngeluh kalau lagi WFH. Padahal aku malah pengen suamiku WFH lho. Tiap hari saat mengantar suami yang mau berangkat kerja rasanya berat banget, seperti lagi melepas suami untuk pergi perang. Takut kalau suami ikut sakit juga. Naudzubillahi min dzalik.

    Tapi karena suamiku kerja lapangan, jadi gak mungkin bisa pekerjaannya dikerjakan di rumah. Apalagi tempat kerjanya masih buka sampai sekarang karena digunakan sebagai tempat keluar masuknya logistik dan juga alat medis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusia memang sering lupa bersyukur ya mba, hehe... padahal beruntunglah mereka yang bisa WFH, gak perlu was was kerjanya di luar. kan beda sama mereka yang harus tetap kerja di luar, seperti suaminya mba misalnya kan. semoga semua yang masih kerja di luar diberi perlindungan oleh Allah SWT. aamiin...

      Delete
  3. Biasa ya manusia emang begitu, padahal sesungguhnya kalau semua dilihat dari hal-hal yang positifnya maka banyak yang bisa kita kerjakan, dan ide-ide yang keluar pun ide yang positif.

    Tapi kalau kalau mengeluh terus, kemungkinan besar negatiflah cara pandangnya. Dan kalau negatif aja yang dipikirin akan tidak ada yang bisa dikerjakan, atau bahkan yang akan dikerjakan adalah hal-hal yang buruk.

    Tapi seperti itu memang manusia yang lemah ini, mudahan kita semua bisa bangkit jadi nilai-nilai negatif datang... Salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu cara untuk melawan wabah covid ini adalah berpikir dan bertindak positif. semoga kita bisa selalu berpikir positif ya kak. salam kenal juga :)

      Delete
  4. Iya ya, manusia itu kadang kurang bersyukur, dikasih kerja dari rumah ngeluh, kerja dari kantor juga ngeluh. Jadi ingat, kalo musim kemarau ngeluh, katanya panas dan banyak debu, eh pas musim hujan ngeluh juga, katanya banjir dan dingin hawanya.๐Ÿ˜‚

    Padahal banyak juga manfaat Work from Home, seperti banyak waktu bersama keluarga, bisa kerja sambil rebahan, rileks, irit ongkos buat BBM dan jajanan, dan lainnya.

    Tapi apapun itu, semoga saja virus Corona cepat berlalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, semoga kita bisa jadi manusia yang pandai bersyukur ya mas :)

      Delete
    2. Amin, kalo tidak bersyukur nanti malah tambah susah ya mbak.:D

      Delete
  5. Iya ya, manusia itu kadang kurang bersyukur, dikasih kerja dari rumah ngeluh, kerja dari kantor juga ngeluh. Jadi ingat, kalo musim kemarau ngeluh, katanya panas dan banyak debu, eh pas musim hujan ngeluh juga, katanya banjir dan dingin hawanya.๐Ÿ˜‚

    Padahal banyak juga manfaat Work from Home, seperti banyak waktu bersama keluarga, bisa kerja sambil rebahan, rileks, irit ongkos buat BBM dan jajanan, dan lainnya.

    Tapi apapun itu, semoga saja virus Corona cepat berlalu ya

    ReplyDelete
  6. Dan keuntungan lainnya adalah yang jomblo semakin jomblo karena jarak yang semakin bertambah 1 sampai 2 meter, padahal sebelumnya sudah berjarak 1 kilometer hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya itu kabar buruk mas? eheheh.... yang sedih para pejuang LDR, sebelumnya sudah berjarak, sekarang semakin berjarak2 lagi haha

      Delete
  7. Paragraf pertama jleb banget mbak wkwk

    Setiap hal pasti ada positif-negatifnya. Ya, tinggal milih, mau ngambil yang mana heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyataannya memang gitu mas Robby hehehe... bener ada plus minusnya

      Delete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.