Treatment Intens Pulsed Light (IPL) Yakin Hasilnya Oke?

Thursday, March 12, 2020 : 20:07
Treatment Intens Pulsed Light (IPL) Yakin Hasilnya Oke?
Ilustrasi Treatment IPL (source: google.com)

Ada yang pernah nyoba treatment Intens Pulsed Light alias IPL yang buat wajah? Hasilnya oke gak?

Buat yang belum tau,
IPL atau biasa dikenal dengan photofacial (foto facial) adalah salah satu jenis treatment yang biasa dilakukan di klinik kecantikan.

Metodenya menggunakan sinar atau cahaya, orang2 sih biasa bilangnya laser padahal treatment ini sebenarnya gak pakai laser melainkan pakai intensitas cahaya tinggi.

Pada dasarnya cara kerja IPL ini dengan menggunakan cahaya tinggi dengan spektrum luas dengan segala kebaikan untuk kulit wajah.

Kata dr. Siti Soraya tempat aku melakukan treatment ini sih IPL untuk wajah itu banyak manfaatnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

• peremajaan kulit
• perawatan kulit berjerawat
• memperbaiki pembuluh darah yang rusak
• menghilangkan bulu halus di wajah
• menghilangkan flek hitam
• mengatasi warna kulit tidak merata
• mencerahkan wajah, dll

Saking banyaknya manfaat dari IPL banyak kaum hawa yang mengerti treatment ini bilang IPL adalah sebuah cara instan untuk cantik. Tapi, apa iya sih hasilnya oke?

Perlu diketahui alat yang digunakan saat proses treatment IPL ini dapat menghasilkan sinar dengan panjang gelombang sekitar 450 sampai 15.000 Hz, loh.

Cahayanya dapat tembus hingga ke dalam lapisan kulit sampai ke jaringan kolagen.

Sejauh yang aku tau treatment IPL ini ada banyak macam. Gak cuma untuk wajah aja.

Kegunaannya juga beragam dengan hasil yang menurut aku sebenarnya bergantung sama kondisi kita dan intensitas treatment-nya.

Macam Treatment Intens Pulsed Light (IPL)

1. IPL Skin Rejuve

Fungsinya untuk mengatasi kerusakan kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari.

Yah kita tau lah ya sinar matahari selain baik juga 'jahat' sama kulit kita, bisa jadi pemicu penuaan dini, dan kerutan pada wajah.

Nah kalau rutin treatment IPL paling gak 2-3 minggu sekali, akan membantu mengaktifkan pertumbuhan serat kolagen dan elastin. Alhasil bisa menyamarkan kerutan dan menjadikan kulit lebih muda dan kencang.

2. IPL untuk gangguan pigmen

Biasanya untuk kasus flek dan melasma. Dimana sinar IPL ini bisa memecahkan molekul pigmen pada flek hitam.

Lalu pigmen tersebut diserap oleh tubuh, kemudian terbentuklah kulit baru yang lebih cerah dan sehat.

Bagusnya memang harus rutin treatment nya paling gak ya 2-3 minggu sekali. Tapi tergantung sama kondisi awal wajah sih.

3. IPL Acne

IPL jenis ini untuk kasus wajah berjerawat, dimana sinar IPL bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi produksi minyak.

Karena kan salah satu faktor timbulnya jerawat adalah karena minyak yang berlebih, nah IPL ini bisa mengecilkan ukuran kelenjar di kulit, serta membersihkan wajah dari komedo.

4. IPL Vaskular

IPL jenis ini bagus untuk mengatasi kulit sensitif, yang mudah merah, dan pelebaran pembuluh darah kecil. Itu loh yang garis merah mirip cacing di bagian bawah kulit. Kalau secara ilmu medis sih disebut teleangiektasia.

Dulu aku juga pernah nih ngalamin teleangiektasia waktu rutin treatment peeling. Karena cream peeling yang aku pakai mengandung steroid, dan aku pakainya dalam jangka waktu lama.

5. IPL Hair Removal

Jenis IPL ini untuk menghilangkan bulu atau rambut di bagian tubuh yang dirasa mengganggu penampilan.

Misalnya bulu di wajah, kumis, jenggot, ketiak, dada, punggung, tangan dan kaki.

Nah, sinar IPL akan membantu menghambat pertumbuhan rambut atau bulu ini.

Sementara yang aku coba hari ini di salah satu klinik skincare di Bandar Lampung adalah untuk meratakan pigmentasi kulit.

Karena sebenarnya permasalahan kulitku adalah bekas jerawat yang nampak hitam, dan warna kulit yang gak merata.

Proses Treatment Intens Pulsed Light (IPL)

Ini adalah kali pertama aku memilih treatment IPL, setelah sebelumnya love banget treatment peeling dan akhirnya stop mendadak karena dosis yang tinggi membuat pembuluh darahku pecah dan meninggalkan bintik merah di seluruh wajah.

Ngeri deh pokoknya! Tapi tetep aja penasaran pengen peeling lagi. Haha.

So, proses treatment IPL yang tadi aku jalani kurang lebih seperti ini :

Pembersihan area wajah

Awal mula area wajah kita dibersihkan oleh terapist supaya proses treatment dapat berjalan lancar.

Penggunaan gel dingin

Setelah wajah bersih dan kering, maka terapist akan mengolesi wajah dengan gel dingin. Aku gak tau apa nama gel ini, tapi yang jelas rasanya memang dingin. Nyess hehe.

Pemakaian penutup mata

Setelah proses pengolesan gel dingin selesai, kemudian kita akan dikenakan penutup mata supaya mata tidak langsung terkena cahaya atau sinar IPL ini.

Tapi ya meskipun udah pakai penutup mata tetep aja sinarnya bikin silau. Jujur, aku agak terganggu sih dengan sinarnya ini.

Proses penembakan sinar IPL

Lalu proses penembakan sinar IPL pun dilakukan. Untuk tahapan ini dokter langsung yang menanganinya.

Jadi terapist cuma bagian membersihkan wajah kita aja. Untuk tindakan inti ini dipegang langsung oleh dokter ahli.

Treatment Intens Pulsed Light (IPL) Yakin Hasilnya Oke?
Proses Treatment IPL (source: dokpri)

Saat proses penembakan sinar dengan sebuah alat khusus IPL ini rasanya hangat ya, di awal dokter akan bertanya apakah rasa hangatnya terasa atau gak.

Selama proses penembakan sinar, ada rasa sedikit celekit celekit gitu sih hehe... apalagi pada bagian kening.

Dokter bilang hal ini wajar karena pada bagian kening daging lebih tipis, beda dengan bagian pipi yang gak ada rasa sakit saat prosesnya.

Hasil Treatment Intens Pulsed Light (IPL)

Hasil dari konsultasi dengan dokter, kesimpulan yang aku dapat adalah treatment IPL ini aman. Untuk hasil maksimal perlu pengulangan treatment sebanyak 3 sampai 6 kali.

Yah dibandingkan treatment peeling yang rasanya perih, dan setelahnya kulit akan mengelupas. Aku memang lebih nyaman treatment IPL ini sih.

Soal tarif dari treatment IPL ini tiap klinik beda beda ya. Berkisar antara Rp 175 ribu sampai Rp 650 ribu untuk sekali treatment. CMIIW.

So, Treatment Intens Pulsed Light (IPL) yakin hasilnya Oke? Jawabannya, yakin oke kalau dilakukan secara rutin sesuai anjuran dokter.
Share this Article

5 comments:

  1. Facial ini bisa buat hilangkan bekas jerawat gak, mbak? Sebenarnya wajahku gak ada masalah apa-apa. Cuma bekas jerawat di wajahku ini lho, bandel banget.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. treatment secara berkala bisa menyamarkan bekas jerawat sih mba katanya. Aku juga lagi coba nih hehe

      Delete
    2. Wah, oke juga berarti, Mbak. Tapi harus tunggu pandemi virus Corona nya beres dulu ya, baru bisa perawatan dengan perasaan aman dan nyaman. Hehehe ��

      Delete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.