Cara Mudah Membatasi Main Gadget Supaya Tidak Kecanduan

Tuesday, May 5, 2020 : 13:38
Cara Mudah Membatasi Main Gadget Supaya Tidak Kecanduan
Cara Mudah Membatasi Main Gadget Supaya Tidak Kecanduan

Udah umur sekian tapi masih aja susah untuk membatasi diri main gadget yang unfaedah, duh aku banget tuh... apa di antara kamu gitu juga? Hihihi... coba yuk kita cari tahu cara mudah membatasi main gadget supaya tidak kecanduan.

Main gadget sampai larut malam ya ndak papa dong, kan gadget aku, kok kamu yang sibuk?

Ya iya sih, tapi ternyata kalau kita sampai kecanduan main gadget dampak negatifnya itu banyak. Gak cuma berdampak pada kesehatan, tapi kita juga jadi kurang bersosialisasi sama manusia.

Dampak Negatif Kecanduan Gadget

1. Kesehatan Mata Terganggu

Sejak punya handphone sendiri sejak di bangku SMP, aku termasuk yang non-stop dalam penggunaannya. handphone baru istirahat kalau aku tidur. Dan itu berlangsung sampai sekarang! Tapi ya mulai bijak sih tapi ternyata aku ngerasain dampak negatifnya.

Terlalu lama menatap layar handphone atau laptop buat mata aku lebih cepat lelah, perih, dan memerah. Padahal belum ngantuk, tapi mata udah kriyep-kriyep, duh nyiksa sih sebenarnya. Terkadang mata terasa perih banget sampai berair sendiri.

Kalau kata dokter kecanduan gadget gini bisa sampai mengganggu penglihatan loh, misalnya mata jadi rabun, minus bertambah, dan lainnya.

2. Pola Tidur Terganggu

Poin ini jelas terasa banget, kadang kalau udah megang handphone gak bisa berhenti meskipun udah larut malam. Alhasil, jam tidur berubah dong? Pola tidur yang terganggu ini bisa bikin kita jadi insomnia.

Kalau sampai kita kurang tidur, akan berdampak buruk sama kesehatan kita, bisa mengundang berbagai penyakit. Dan buat ciwik-ciwik nih, kurang tidur bisa menimbulkan mata panda alias lingkarang hitam di sekitar mata. Pasti kamu gak mau kan?

3. Kurang Interaksi dengan Manusia

Dulu zaman aku kecil kalau kumpul sama teman, aktif main misalnya main masak-masakan, lompat tali, atau sekadar ngobrol. Lah sekarang, duduk bareng tapi sunyi karena semua sibuk sama gadgetnya masing-masing. Ya ampun!

Bocah piyik zaman sekarang juga lebih anteng kalau udah pegang gadget, pokoknya beda banget sama generasi sebelumnya. 

Sepakat deh sama ungkapan “Gadget mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat". Ini kenyataan banget. Dan sekarang orang kerap menyelesaikan masalah hanya lewat pesan teks, padahal justru itu yang menimbulkan kesalahpahaman. Coba lah duduk bareng ngopi, ngobrol.. kan lebih syahdu?

4. Mengalami Masalah Kulit Wajah

Ini aku juga baru tau, ternyata kecanduan gadget bisa berdampak sampai ke masalah kecantikan ya? Misalnya kulit jadi kusam, pigmentasi kulit dan jerawat, dermatitis, sampai jadi faktor penuaan dini, meskipun udah pakai skincare.

Jadi gini keasyikan main gadget sampai larut malam pastinya berdampak kita kurang tidur, nah hal ini bisa jadi penyebab jumlah cairan dalam tubuh gak seimbang yang akhirnya bisa mengakibatkan kulit jadi kusam serta kerutan wajah yang semakin nampak.

Trus lagi, buat yang sering telponan tanpa pakai handsfree, alias langsung menempelkan handphone ke telinga hati-hati aja sih, kita tahu layar handphone itu penuh dengan kuman jadi ada kemungkinan kuman berpindah ke wajah kita dan menimbulkan jerawat.

Dan ada baiknya ukuran font di handphone diperbesar aja supaya kita gak memicingkan mata karena tulisan nampak begitu kecil, karena kebiasaan memicingkan mata bisa menimbulkan kerutan di sekitar mata yang jadi salah satu faktor penuaan dini.

Jadi, gimana dong caranya supaya gak kecanduan main gadget?

Cara Mudah Membatasi Main Gadget Supaya Tidak Kecanduan

Mematikan Notifikasi Media Sosial

Mungkin sebenarnya kita tau gimana caranya supaya gak dikit-dikit cek handphone, bunyi sekali cek lagi, cek lagi eh lama-lama mantengin layar sampai berjam-jam.

Tapi mau ngelakuinnya itu loh kok berat banget ya? Hehehe.... Cobalah nekat untuk mematikan notifikasi media sosial. Supaya gak ganggu kita beraktifitas di dunia nyata.

Kalau kita mematikan notifikasi media sosial, jadinya kita hanya membukanya di waktu luang aja, jadi kan gak ganggu aktifitas kita.

Matikan Gadget Saat Tidur

Cara ini kerap aku lakuin, dan berhasil. Tidur jadi lebih nyenyak dan berkualitas. Bangun pagi jadi lebih segar.

Bahkan ada sumber yang bilang, sebaiknya kita mematikan gadget sejak 1 jam sebelum tidur. Supaya tidur malamnya jadi lebih baik. Hmm, boleh dicoba nih?

Simpan Gadget di Tas

Kalau lagi bepergian atau kumpul bareng keluarga dan teman, kadang suka keganggu dengan gadget yang terlihat mata. Tangan nih gatel rasanya pengin buka-buka aplikasi.

Solusinya cukup gampang banget, simpan gadget di tas atau di saku, atau dimana deh yang gak keliatan mata. Bila perlu di silent biar gak spontan cek notif kalau handphone bunyi.

Tidak Membawa Power Bank

Kalau lagi bepergian biasanya kebanyakan dari kita power bank jadi barang wajib yang harus ada di tas. Tapi ternyata, kebiasaan bawa power bank bisa bikin kita berasumsi ‘halah, ada power bank ini… puas-puasin aja main handphone, kalau lowbat tinggal colok’.

Coba kalau gak bawa power bank, kita bakal jadi lebih bijak dan hemat dalam penggunaannya. Caranya gimana? Ya dengan cek handphone seperlunya aja.

Cuma kalau kamu termasuk orang yang pandai mengontrol diri, yang bisa tetap bijak main handphone meskipun ada power bank, ya ndak masalah. Justru membawa tambahan daya untuk handphone saat perjalanan jauh misalnya, itu penting.

Sesekali untuk Unplug

Unplug alias mematikan teknologi yang kita gunakan dalam kurun waktu tertentu. Berani gak? Aku udah pernah coba, tapi cuma sehari. Iya, 1 hari doang unplug, tapi itu gak mudah ya untuk aku khususnya yang memang kecanduan gadget.

Jadi kalau biasanya kamu menggunakan handphone, laptop, menonton televisi, coba deh sehari aja dulu hidup tanpa mereka. 

Gak usah disentuh-sentuh. Ganti kebiasaan bersama mereka dengan aktifitas produktif lainnya.

Awalnya pasti berat, apalagi saat ini banyak aktifitas yang bisa kita lakukan dengan teknologi. Ditambah sekarang sebagian dari kita lagi pada Work From Home. Tapi dampak baiknya, hidup kita jadi terasa lebih ringan, beban pikiran berkurang, dan yang jelas kita jadi punya banyak waktu untuk lebih produktif.

Saat itu aku coba unplug karena ditantang sama bos di kantor, sebelum aku jadi freelancer. Satu hari (di weekend pula) tanpa gadget, dan posisi lagi libur kerja. Apa yang aku lakukan? Mulai dari bangun tidur, langsung mandi, beribadah, bergegas sarapan. Trus, jadwal main gadget diganti dengan membaca buku, melakukan hobi, ngobrol sama teman, dan lainnya.

Setelah sehari unplug, berhasil. Ternyata gak semengerikan yang dibayangkan sih. Bumi masih berputar pada porosnya, dan matahari masih terbit dari timur. Haha.

Yang awalnya kupikir itu sulit, ternyata gak juga. Justru saat itu aku malah jadi punya waktu untuk berkarya, untuk menamatkan buku yang belum selesai dibaca. Dan menambah wawasan dari ngobrol bareng teman.

Jadi gimana, mau coba unplug juga gak? Ehehe…

Sebenarnya banyak ya cara mudah membatasi main gadget supaya tidak kecanduan, cuma semua itu gak akan bekerja dengan baik kalau gak diawali dengan niat dalam diri. Gimana menurut kamu?

Share this Article

1 comment:

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.