Persiapan Lebaran di Tengah Pandemi

Friday, May 22, 2020 : 15:23
Persiapan Lebaran di Tengah Pandemi
Persiapan Lebaran di Tengah Pandemi (source: freepik)

Lebaran tinggal menghitung hari, eits... ingat ya lebaran tahun ini berbeda. Jadi persiapannya juga tak seperti biasa. Teman-teman ada yang sudah melakukan persiapan lebaran di tengah pandemi?

Setiap yang terjadi pasti ada hikmah dibaliknya. Jadi jangan terlalu keki dan sedih ya merayakan Idul Fitri tahun ini. Kira-kira apa saja ya persiapan Lebaran di tengah pandemi seperti ini?

Kalau Lebaran biasanya, kita akan memburu pakaian ke pusat perbelanjaan, tahun ini pakai baju lama juga tak masalah. Karena, pakai baju baru juga memangnya mau kemana sih? Hehe...

Persiapan Lebaran di Tengah Pandemi

Persiapan Lebaran di Tengah Pandemi
Persiapan Lebaran di Tengah Pandemi (source: freepik)

Selain tidak perlu repot-repot ke mall dan mengeluarkan dana untuk membeli baju baru, apa lagi persiapan khusus untuk Lebaran tahun ini? Cekidot...

1. Menyiapkan Hand Sanitizer

Meskipun anjurannya #dirumahaja tapi mungkin ada sebagian orang yang tetap memutuskan untuk berkunjung ke rumah kerabat dan sanak famili.

Nah, sebagai antisipasi... Selain memajang beragam kue kering di meja tamu, jangan lupa untuk menyiapkan juga hand sanitizer. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Menggunakan hand sanitizer dirasa lebih praktis ya daripada menyiapkan kebutuhan untuk mencuci tangan. Tapi, kalau tidak merasa kerepotan tak ada salahnya menyiapkan wadah air dan sabun cuci tangan di depan pintu masuk rumah.

Jadi setiap tamu yang berkunjung dipersilakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki rumah.

2. Pastikan Pulsa dan Kuota Internet Memadai

Bagi teman-teman yang always on, kuota internet sudah jadi kebutuhan primer, iya kan? Ngaku deh😁

Nah, khusus Lebaran tahun ini jangan sampai lupa mengisi pulsa dan kuota internet. Karena larangan mudik dari pemerintah yang tak bisa dihindari, mengharuskan kita mau tidak mau merayakan Lebaran di rumah saja.

Pastikan pulsa dan kuota internet kamu cukup untuk menghubungi kerabat dan keluarga. Meskipun tidak bisa bersilaturahim langsung dengan mengunjungi rumahnya, bukan berarti tidak ada tradisi saling maaf memaafkan, kan?

Alhamdulillah saat ini teknologi sudah semakin canggih, apalah artinya jarak kalau smartphone dalam genggaman bisa digunakan untuk menghapus rindu? Hehe...

Selain bisa melakukan panggilan suara, kita juga bisa video call dengan orang-orang tercinta. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan video call dengan kapasitas peserta lebih dari delapan orang.

3. Menyiapkan Hidangan Lebaran

Meskipun kemungkinan besar tidak ada tamu yang datang, bukan berarti di rumah tidak menyiapkan hidangan lebaran ya. Beberapa jenis kue kering, menu khas Lebaran seperti opor, rendang, atau ketupat sayur tak masalah kita masak.

Menyiapkan hidangan Lebaran seperti kegiatan seru yang bisa kita lakukan, dan santapan lezatnya bisa dinikmati bersama semua anggota keluarga di rumah.

Mungkin yang membedakan adalah jumlah sajiannya yang tidak sebanyak seperti hidangan Lebaran tahun lalu.

4. Membersihkan Rumah

Supaya semua anggota keluarga merasa nyaman dan betah melewati Lebaran di rumah, membersihkan rumah jadi salah satu persiapan Lebaran di tengah Pandemi ini.

Kalau kamu ingin suasana berbeda di hari raya, kamu bisa mendekor ulang ruangan, atau mengganti warna cat tembok.

Rumah yang indah tentunya akan menciptakan kenyamanan untuk kita, kan? Tidak perlu keluar banyak biaya untuk dekorasi, cukup menyiasatinya dengan merubah posisi furniture, atau memanfaatkan barang bekas sebagai hiasan ruangan.

5. Mengirim Bingkisan Lebaran dan THR

Poin nomer lima ini opsional ya, karena pandemi memengaruhi kondisi ekonomi sebagian dari kita. Jadi bagi teman-teman yang memang memiliki uang lebih bisa mengirim bingkisan Lebaran ke kerabat dan sanak famili melalui layanan online, jadi tidak harus keluar rumah kan?

Kalau tidak bisa ya tidak apa-apa... Hanya mengingatkan kalau berbagi di hari kemenangan bisa jadi pengalaman yang berkesan.

Selain bingkisan Lebaran, bagi-bagi THR seperti biasanya juga tetap bisa kita lakukan kok di Lebaran tahun ini. Bisa dengan memberikan secara langsung atau tinggal transfer, hihihi🤭

Oh iya, dan jangan lupa kewajiban membayar zakat fitrahnya ya teman-teman...

Selain lima poin di atas, adakah teman-teman yang ingin menambahkan lagi persiapan Lebaran di tengah pandemi?

Etika Bertamu Saat Lebaran di Tengah Pandemi

Setelah semua persiapan Lebaran di tengah pandemi selesai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan loh kalau kita ingin bertamu ke rumah orang lain.

Menelpon Tuan Rumah Terlebih Dahulu

Karena ada orang yang memang begitu mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah, oleh karena itu kita pastikan dulu kalau tuan rumah bersedia untuk kita kunjungi atau tidak.

Kalau tuan rumah merasa keberatan kita datang, jangan marah atau dendam ya. Itu bukan berarti tuan rumah sombong, melainkan demi keselamatan kita bersama.

Tetap Jaga Jarak dan Memakai Masker

Apabila tuan rumah mengizinkan kita untuk bertamu, ya alhamdulillah. Tapi tetap harus jaga jarak dan memakai masker.

Tidak perlu juga berjabat tangan, sementara ini Lebaran kita pakai salam namaste aja ehehee....

Ingat, duduk berjauhan dan membuka masker seperlunya saja. Lah, kan atuh gimana makan nastar kepentok masker? Ehehehe....

Tidak Perlu Berlama-lama

Ingat waktu saat bertamu, tidak perlu berlama-lama. Kita tidak tahu apakah tuan rumah ada kegiatan lain yang ingin dilakukan.

Jadi, setelah bertanya kabar dan berbincang seperlunya, segera pamit dengan sopan. Berilah privasi untuk tuan rumah saat Lebaran di tengah pandemi seperti ini.

Karena, Lebaran tahun ini kita ada kesempatan besar untuk bisa quality time dengan keluarga di rumah.

Kurang lebih seperti itu persiapan Lebaran di Tengah Pandemi. Adakah teman-teman yang ingin menambahkan?

Tidak masalah Lebaran tak nampak semarak,
Karena hakikat dari hari kemenangan yang sebenarnya adalah kualitas keimanan kita yang meningkat.

Setelah sebulan penuh kita berpuasa dan melaksanakan ibadah lainnya di bulan Ramadan, selepas ini keimanan kita diuji. Apakah ibadah kita akan segiat saat Ramadan?

Semoga kita bisa istiqomah ya teman-teman😊

So... Selamat merayakan Lebaran di tengah pandemi ya.... Mohon maaf lahir dan batin😊




Share this Article

1 comment:

  1. Kalau saya mbak, persiapan kuota data internet dan pulsa.. :D Karena posisi di jakarta ndak bisa pulang kampung..hehe...

    ReplyDelete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.