Puasa 15 Ramadan 1441 H di Tengah Pandemi

Friday, May 8, 2020 : 13:13
puasa 15 ramadan 1441 h di tengah pandemi
Puasa 15 Ramadan 1441 H di Tengah Pandemi

Huwalaaa.... gak kerasa udah 15 Ramadan. Artinya udah setengah perjalanan menuju hari kemenangan. Tepatnya hari ini kita puasa 15 Ramadan 1441 H di tengah pandemi tapi... huhu...

Gimana teman-teman, masih full puasanya? Apakah godaannya semakin kuat di pertengahan bulan Ramadan ini? Atau, biasa-biasa aja tuh menjalankan puasanya. Karena memang udah terlatih dari puasa sunnah?

Semoga kita selalu diberi kemudahan dalam menajalani puasa di Ramadan yang tak biasa ini kondisinya. Huhu...
Stop! Gak boleh bersedih. Karena kondisi saat inipun adalah kehendak-Nya yang harus kita terima dan syukuri. Pasti ada kok ibroh atau pelajaran yang bisa kita ambil di saat situasi seperti ini.

Hal Berbeda Puasa Ramadan di Tengah Pandemi

Menjalankan puasa Ramadan di tengah situasi yang semakin hari semakin memburuk seperti saat ini memang banyak sekali perbedaannya dengan puasa Ramadan tahun lalu ya. Banyak tradisi Ramadan yang tidak bisa kita lakukan seperti biasanya.

Kalau biasanya sore menjelang maghrib kita biasa ngabuburit alias nyore di saat bulan Ramadan, sekarang kita harus tetap #dirumahaja. Masalah gak sih? Sebenarnya gak masalah, kita cuma gak terbiasa aja dengan rutinitas seperti ini.

Selain ngabuburit sambil nunggu waktu berbuka, biasanya sebagian dari kita juga ada yang senang jogging di pagi harinya. Meskipun saat ini juga masih ada orang yang jogging di pagi hari, tapi tak seramai biasanya.

Trus lagi, biasanya kalau Ramadan banyak penjual takjil yang memadati satu titik di suatu wilayah. Mulai sore sekitar jam 4 itu udah ramai pembeli yang mau borong segala macam menu buka puasa. Sekarang juga masih ada sih penjual takjil dadakan yang buka lapak di pinggir jalan. 

Tapi kalau di daerahku sini, jumlahnya gak sebanyak Ramadan biasanya. Orang orang juga tak seantusias Ramadan lalu dalam membelanjakan uang mereka untuk beli takjil. Espesially keluargaku ya... biasanya kami sering beli takjil dari para penjual di satu titik yang jadi pusat penjualan takjil.

Tapi sekarang ini lebih sering bikin sendiri di rumah dengan bahan yang ada. Tapi justru, jadi lebih hemat, dan jadi kesempatan untuk eksperimen bikin menu buka puasa sendiri. Kalau kamu gimana?

Sisi Positif Puasa Ramadan di Tengah Pandemi

Setiap keadaan ada sisi positif dan negatif, tapi jangan melulu melihat sisi negatifnya aja. Semisal ngeluh terus karena gak bisa ngabuburit, atau ngerasa puasa jadi lebih berat godaannya karena #dirumahaja.

Yuk, lebih melihat sisi positif dari puasa Ramadan di tengah pandemi ini. Kalau untuk aku pribadi sisi positifnya adalah :

- Punya banyak waktu untuk ibadah di rumah; Karena Ramadan sebelumnya kita masih disibukkan dengan kegiatan bekerja atau sekolah, Ramadan kali ini sebagian dari kita dikasih kesempatan untuk lebih fokus beribadah, sepakat? Makanya, yuk kita gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya.

- Ngabuburit bersama keluarga; Ngabuburit apa harus keluar rumah ya? Ah, gak juga... intinya kan berkegiatan sambil menunggu waktu berbuka. Jadi bisa dilakukan di rumah kan? Misalnya, sambil bantu ibu masak di dapur, ngobrol sama keluarga, atau sekadar membaca buku dan Al-Qur'an bisa juga tuh. Ya kan?

- Berkreasi menu buka puasa; Ini sih yang aku rasakan banget selama setengah Ramadan ini. Haha... aku jadi punya kesempatan eksperimen di dapur nyoba-nyoba resep sederhana. Lumayan kan jadi nambah pembendaharaan menu buka puasa, LOL.

Kalau kamu gimana teman-teman? Apa aja yang udah didapat dari 15 hari puasa Ramadan ini? Semoga semuanya menyenangkan dan berfaedah ya. Yuk sharing! :)


Share this Article

6 comments:

  1. Alhamdulillah, kalo di Bali, suasananya nggak terlalu rame memang. Tapi, yang jual takjil adaa aja. Sempet juga lho aku bikin menu buka puasa ala mbak Putri :D

    Semoga lancar puasa kita sampe akhir ya mba, aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga keadaan ini gak mengurangi semangat dalam menjalankan ibadah puasanya ya kak. :)

      Delete
  2. Entah kenapa ga kerasa bulan puasanya, malah setelah baca postingan ini baru nyadar udah ngelewatin setengahnya. Berkat pandemi jadi punya banyak waktu, tapi ga dipake ibadah juga, banyaknya malah tidur pas siang, malemnya susah tidur soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak tidur siang apa mungkin karna biasanya kerja ini di rumah aja? Ya baiknya diimbangi dengan ibadah ya kak hari2nya selama ramadan ini :)

      Delete
  3. Yaa, bener benget mba. Jadi skrg aku tiap hari buka puasa di rumah. Ga ada bukber tahun ini. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gpp kak... ini jadi kesempatan untuk buka puasa bareng keluarga :)

      Delete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.