Serunya Mewarnai untuk Hilangkan Stres

Thursday, May 7, 2020 : 09:54
Serunya Mewarnai untuk Hilangkan Stres
Tambahkan teks


Mewarnai gambar gak hanya untuk anak-anak, orang dewasa juga bisa mendapatkan Manfaatnya loh dari serunya mewarnai untuk menghilangkan stres.

Di ulang tahun yang kesekian aku dapat hadiah spesial dari sahabatku Ibtihaj. Kaligrafi Coloring Book! 😊

Serunya Mewarnai untuk Hilangkan Stres
Buku Mewarnai Kaligrafi (sumber: dokpri)

Karena baru ini aku tau ada buku semacam itu aku senang dong. Sempat menginap di rak buku selama berbulan-bulan karena aku terlalu sayang untuk mencoret-coretnya dan mager sih sebenarnya ehehe ...  

Sampai akhirnya di suatu hari penuh kegabutan, aku mencoba untuk mewarnai satu halaman yang ada. Eh, ternyata seru juga dan nagih!

Oya, jadi buku ini adalah kumpulan karya kaligrafi para seniman dunia, seperti Ibnu Muqlah, Ibnu Bawwab, Yaqut Al Mustaimi, Hafidh Ustman, dan lain-lain. (Sama aku juga gak tau mereka siapa) 😂 

Buku ini sengaja dibuat sebagai art therapy alias terapi seni untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.  

Serunya Mewarnai untuk Hilangkan Stres

Nah, orang dewasa bisa meluangkan waktu untuk mewarnai sebagai cara menghilangkan stres. Selain itu ini dia sederet manfaat mewarnai untuk orang dewasa:

Nostalgia Masa Kecil 

Seru banget di masa kecil kita dulu, bebas ngapain aja tanpa pusing mikirin tanggung jawab.  Bisa ngelakuin berbagai hal sesuka hati, bukan karena itu adalah suatu keharusan.

Nah, dengan mewarnai kita bisa nostalgia zaman kebebasan dalam hidup kita.  Dimana belum kepikiran segala bentuk cicilan.  Ha ha ha.  Kalau kita rileks maka pikiran akan jadi lebih ringan dan mengurangi stres.  

Mengasah Otak Kanan dan Kiri  

Saat mewarnai, otak kanan dan kiri kita sedang aktif dalam waktu bersamaan.  Kita akan menyelaraskan warna, memilih warna, dan cara mewarnainya.  Dengan begitu kemampuan motorik halus kita sedang terasah dengan baik. Plus, kita juga sedang melatih kemampuan kita menyelesaikan masalah.  

Mengatasi Stres dan Menenangkan Pikiran  

Kalau kata psikolog, mewarnai bisa mengatasi stres.  Sebab saat mewarnai inilah kesempatan bagi pikiran kita beristirahat.  Pokoknya yang ada tuh have fun aja gitu.  Ehehe.

Trus lagi, saat kita memilih pensil warna kita juga melibatkan bagian2 di otak kita sambil merelaksasi pusat otak.  Intinya mewarnai itu bagus untuk kesehatan mental kita, makanya saat mewarnai pikiran kita jadi lebih tenang. 

Serunya Mewarnai untuk Hilangkan Stres
Mewarnai Kaligrafi Coloring Book


Membuka Pikiran Lebih Luas  

Saat mewarnai kita dihadapkan dengan beragam pensil warna yang harus kita pilih untuk mewarnai. Nah selain untuk bersenang-senang, mewarnai juga jadi kesempatan kita untuk bebas, bebas mengeksplorasi ide dan kekreatifitasan kita menjadi karya seni.  

Kalau untuk aku pribadi, mewarnai jadi salah satu hal yang menyenangkan selain menulis puisi. Selain menghasilkan karya, mencampur berbagai warna menjadi satu kesatuan jadi sebuah cara menenangkan pikiran. Serius deh, kerasa banget udahnya itu lega ... 😁

Nah beruntungnya aku dapat Kaligrafi Coloring Book ini, selain mengambil manfaat dari mewarnainya, juga menambah wawasan dan terapi Islami karena yang diwarnai adalah karya kaligrafi.  

Kamu juga bisa menghilangkan stres dengan mewarnai. Sekarang kita bisa dengan mudah mengunduh berbagai gambar polos di internet kan? Cetak dan warnai deh. 

Atau jika kamu juga hobi menggambar, jadi paket combo tuh terapi seninya menggambar dan mewarnai.😁  

Apakah di antara kalian ada juga yang senang mewarnai? Atau ada yang sudah lama menjadikan serunya mewarnai untuk menghilangkan stres? Yuk share! 😊



Share this Article

1 comment:

  1. sama! :)

    Aku juga suka menggambar kalo lagi stres sama tugas kuliah gituuu

    ReplyDelete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.