10 Rekomendasi Buku Menarik di iPusnas (Bagian 1)

Saturday, July 4, 2020 : 17:41
10 rekomendasi buku menarik di ipusnas
10 Rekomendasi Buku Menarik di iPusnas (Bagian 1)

Karena pandemi jadi gak bisa ke toko buku, tapi bukan jadi alasan untuk libur baca buku kan? Selain buku fisik, sebenarnya kita bisa baca buku digital atau ebook. Berikut aku akan kasih tau kamu 10 rekomendasi buku menarik di iPusnas yang bisa kamu baca.

Apa itu iPusnas?

Buat kamu yang belum tau, iPusnas adalah sebuah aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah untuk memberikan fasilitas supaya masyarakat mudah mengakses berbagai jenis buku untuk dibaca.

Informasi sedikit, fitur yang ada di aplikasi ini adalah seperti:

Koleksi Buku: Melalui fitur ini kamu bisa menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iPusnas

ePustaka: Tempat dimana kamu bisa bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital

Feed: Melihat aktivitas pengguna iPusnas lainnya, seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam dan juga kamu bisa memberikan komentar

Rak Buku: Rak buku virtual milik kamu dimana riwayat peminjaman buku akan tersimpan di dalamnya, kamu jadi lebih mudah untuk membaca buku yang telah dipinjam

eReader: Fitur yang bisa kamu gunakan untuk membaca ebook dengan mudah dan nyaman di dalam aplikasi iPusnas.

Jadi, mau alasan apa lagi sih untuk gak baca buku? *ngomong sendiri*

Setelah kurang lebih dua tahun mengunduh aplikasi ini dan membaca banyak buku, ada sederet daftar buku yang menurutku paling menarik.

Aku memang gak tau sih genre buku favorit kamu apa. Tapi, silakan dengan senang hati mengecek buku apa aja ini, siapa tau yang ada yang menarik perhatian kamu ya 😊

10 Rekomendasi Buku Menarik di iPusnas

Predikat “menarik” dari sepuluh judul buku ini murni dari pendapat aku pribadi. Sebagai informasi, aku cenderung suka buku fiksi, seperti buku puisi dan novel.

Tapi gak menutup kemungkinan aku juga baca buku lainnya, seperti buku motivasi ataupun biografi.

Judul-judul buku berikut ini aku urutkan secara acak, jadi bukan berdasarkan tingkat kepopuleran ataupun kualitas ya.

Yuk, coba cek dan temukan mana buku yang menarik perhatianmu untuk membacanya! 😊

1. Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

10 rekomendasi buku menarik di ipusnas
Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Penulis: Fumio Sasaki

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-602-03-9840-2

Tahun Terbit: 2018

Buku yang mengisahkan tentang pengalaman hidup minimalisme Fumio Sasaki, pria Jepang yang tertekan di tempat kerja, gak percaya diri, dan terus terusan membandingkan dirinya dengan orang lain.

Sampai akhirnya, ia memutuskan untuk mengubah hidupnya dengan mengurangi barang yang ia punya. Ternyata, dampaknya sangat luar biasa bagi hidupnya.

Coba deh cek rumah dan ruangan pribadi kamu, apakah seperti kapal pecah? Kalau kamu juga merasa tertekan dengan suasana seperti itu, mungkin kamu cocok deh baca buku ini. Dan mari kita lihat apa yang terjadi dalam hidup kamu selanjutnya.

2. Hanya 2 Menit Bisa Tahu Potensi Rezeki

10 rekomendasi buku menarik di ipusnas
Hanya 2 Menit Bisa Tahu Potensi Rezeki

Penulis: Ippho Santosa

Penerbit: Elex Media Komputindo

Tahun Terbit: 2012

Buku ini tak lain adalah bagian ketiga dari trilogi Mega Bestseller Ippho Santosa. Buku ini berisi tentang pedoman berpikir ala otak kanan terkait rezeki.

Adakah teman-teman yang tau siapa Ippho Santosa? Beliau adalah seorang pakar otak kanan yang juga jadi motivator 5 benua.

Aku sempat beberapa kali mengikuti webinar beliau, menarik banget karena membahas terkait dunia bisnis.

3. Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah

10 rekomendasi buku menarik di ipusnas
Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah

Penulis: Tere Liye

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-7913-9

Tahun Terbit: 2012

Novel 500an halaman ini berhasil mencuri perhatianku untuk membacanya sampai tuntas. Memang sih butuh beberapa minggu untuk menyelesaikannya di sela-sela kesibukan jadi karyawan kantoran saat itu.

Tapi, ceritanya berkesan banget sampai sekarang. Sekilas cerita cintanya klasik, yah... seorang pemuda biasa yang jatuh cinta sama seorang gadis keturunan Tionghoa yang cantik jelita dan dari keluarga berada.

Meskipun demikian, tapi Tere Liye mampu mengemas alur ceritanya dengan sangat apik. Bagi pecinta cerita romansa, pas banget nih baca buku ini.

4. Non-Spesifik

10 rekomendasi buku menarik di ipusnas
Non-Spesifik

Penulis: Gratiagusti Chananya Rompas

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 9786020351469

Tahun Terbit: 2017

Ini adalah buku puisi yang menurut aku pribadi gak puitis sama sekali. Maksud aku, sebagai orang awam yang gak begitu ngerti dunia puisi, diksi sang penulis “bahasa sehari-hari” banget.

Buku ini justru lebih seperti buku diary yang ditulis penulis, memang gitu sih katanya. Hehe...

Penulis yang mengidap bipolar ini sengaja menuangkan perasaannya melalui puisi-puisi yang ada dalam buku ini.

Menarik ya, membaca realita kehidupan seorang pengidap bipolar dalam bentuk puisi.

5. 1 Perempuan 14 Laki-laki

10 rekomendasi buku menarik di ipusnas
1 Perempuan 14 Laki-laki

Penulis: Djenar Maesa Ayu

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-6608-5

Tahun Terbit: 2011

Awalnya, aku sempat gagal fokus dengan judul buku ini. Tapi ternyata di sinopsisnya tertulis...

“Perlu 14 laki-laki untuk menulis buku ini dan hanya 1 perempuan untuk mengisahkannya...”

Satu hal yang membuat aku berdecak kagum dengan buku ini adalah, setiap cerita yang ada di dalamnya ditulis secara bergantian oleh penulisnya.

Kalau penulis profesional sih mungkin itu hal yang gampang ya, hehe... tapi percaya gak percaya, zaman aku SMP dulu aku juga sempat menulis cerita bergantian dengan satu sahabatku.

Ternyata, sebelum buku ini diterbitkan aku udah lebih dulu menggunakan teknik penulisan yang sama dengan Djenar Maesa Ayu. Hehe...

Bersambung...

Masih ada 5 judul buku lagi yang akan aku kasih tau dan bisa segera kamu baca di iPusnas.

Maaf harus bersambung, supaya tulisan ini gak terlalu panjang dan kamu gak cepat bosan.

Tunggu ulasan 10 rekomendasi buku menarik di iPusnas bagian 2 ya teman-teman. 😊

Share this Article

2 comments:

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.