Acnol untuk Jerawat, Yakin Ampuh? Ini Pembuktianku

Sunday, July 19, 2020 : 17:50
Acnol untuk Jerawat
Acnol Lotion dan Acnol Gel

Udah beberapa bulan ini aku disibukkan dengan urusan mengatasi jerawat yang super bandel. Hampir mau nyerah dan membiarkan jerawat-jerawat ini berdiam sejenak di wajah, tapi mengingat dua bulan lagi mau menikah kok gimana gitu ya...

Meskipun bisa ditutupi dengan make up, tapi tetap aja tampil cantik di hari istimewa kan idaman setiap wanita. Hehe... iya gak sih?

Nah, sebenarnya aku udah gak asing dengan obat totol jerawat merek Acnol ini. Kata temanku (yang duluan coba) Acnol untuk jerawat ini cukup ampuh loh.

Acnol untuk Jerawat

Acnol adalah obat totol jerawat yang hadir dengan dua varian, yakni Acnol lotion dan Acnol gel. 

Nah, beberapa bulan ini aku memakai keduanya sesuai kebutuhan wajah aku. Karena aku ada jerawat batu dan jerawat dengan mata. Itu loh, jerawat yang ada isinya. Gemes pengin dipecahin, tapi kalau nekat dipecahin bekasnya akan menghitam dan susah pudar. Jadi serba salah kan? Hiks...

Acnol Lotion for Acne

Acnol untuk Jerawat
Acnol Lotion for Acne

Salah satu varian obat totol jerawat merek Acnol ini adalah Acnol Lotion for Acne. Varian yang satu ini berbentuk cair dan cara memakai Acnol lotion ini dengan mentotolnya langsung ke bagian wajah yang berjerawat.

Ingredients

Alcohol, Aqua, Sulfur, Talc, Zinc Oxide, Silica, Salicylic Acid, Niacinamide, Fragrance, Camphor, D-Panthenol, Allantoin, Menthol, Triclosan, Hexamidine Diisethionate, Sophora Angustifolia Root Extract, CI 77491

Karena mengandung sulfur baunya cukup menyengat ya, tapi gak begitu mengganggu (kalau untuk aku pribadi). 

Setelah di totol pada jerawat, langsung terasa dingin dan sedikit perih (akan lebih perih jika jerawat baru aja pecah).

Manfaat Acnol Lotion

Acnol lotion ini mampu mengurangi radang jerawat dan minyak berlebih. Selain itu, kegunaan Acnol lainnya adalah ampuh menyembuhkan kulit serta melawan bakteri yang mengakibatkan timbulnya jerawat.

Kalau untuk aku pribadi, varian Acnol yang satu ini pas banget untuk mengatasi bekas jerawat. 

Jadi kalau ada jerawat mata yang udah pecah, bisa langsung ditotol dengan Acnol lotion ini. Menurut pengalamanku, untuk jerawat kecil yang sudah pecah, bisa kering hanya dalam waktu satu hari. 

Sementara untuk jerawat yang lebih besar dan radangnya lumayan parah, tentu butuh waktu yang lebih lama ya. Serta harus rajin menggunakannya.

Cara Memakai Acnol Lotion

Cara memakai Acnol cukup mudah ya, pertama-tama bersihkan wajah dengan sabun atau toner. Jangan lupa kocok botol Acnol terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Pastikan hanya diaplikasikan pada area jerawat aja dengan cara mentotol menggunakan jari. Bisa diaplikasikan 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Harga Acnol Lotion

Botolnya yang kecil dengan manfaat Acnol yang besar, siapa sangka sih harganya tuh terjangkau banget!

Ini adalah obat totol jerawat yang sangat ramah kantong deh, karena harga Acnol lotion cuma dibandrol Rp 15.000 aja. Ini harga Acnol di apotik biasa ya, nah kalau harga Acnol di Kimia Farma aku belum coba cek deh, tapi mungkin ya harganya gak jauh beda sih.

Hasil Pemakaian

Seperti yang udah aku sebut di atas, berdasarkan pengalanku dengan jerawat kecil Acnol lotion ini mampu membuat bekas jerawat kering hanya dalam waktu sehari.

Sementara untuk jerawat aku yang lebih besar butuh waktu sekitar tiga hari dengan pemakaian 2 kali dalam sehari.

Tapi yang aku belum pernah tau dan coba adalah apakah Acnol lotion bisa untuk bruntusan atau gak. Soalnya, aku gak ada bruntusan di wajah. (Alhamdulillah)

Mungkin buat kamu yang ada bruntusan bisa coba pakai Acnol lotion ini dan lihat gimana hasilnya. Karena aku pernah baca review Acnol untuk bruntusan di FD ada yang hasilnya positif.

Biasanya sih aku pakai obat totol jerawat ini di pagi hari, dan malam menjelang tidur. Sejauh ini sih, aku merasakan banget ya manfaat Acnol lotion. Aku udah 2 kali repurchase dan hingga saat ini masih akan mengandalkan Acnol sebagai obat totol jerawat aku.

Acnol Gel for Acne

Acnol untuk Jerawat
Acnol Gel for Acne
Nah, varian lainnya dari Acnol adalah Acnol Gel for Acne. Sesuai namanya, varian yang satu ini bentuknya gel dan mudah diaplikasikan karena tube-nya yang runcing.

Mungkin di antara kamu ada yang bertanya-tanya, memangnya apa perbedaan antara Acnol lotion dan Acnol gel?

Waktu aku beli Acnol di apotik aku sempat tanya sih sama penjaganya, tapi doi bilang keduanya sama aja. Cuma bedanya yang satu bentuknya lotion, yang satu lagi gel. Hmm... aku gak lantas percaya dong. Haha...

Aku sempat baca beberapa artikel yang membahas tentang Acnol ini, dan aku langsung menggunakan keduanya di jerawat yang berbeda, dan aku menemukan jawabannya. Nanti kukasih tau ya, sekarang kita bahas ingredients-nya dulu. Hihi...

Ingredients

Allantoin 0.20%, Camphor 0.50 %, Sulphur 8%, m-dihydroxybenzene 2%, Trichlorohdroxydiphenylether 0.10%

Menurut aku pribadi, bau dari Acnol gel ini lebih menyengat dan mengganggu dibanding Acnol lotion. Baunya seperti obat yang mengharuskan aku menahan napas sesaat waktu mengaplikasikannya ke jerawat.

Gak kuat soalnya baunya! >.<

Manfaat Acnol Gel

Pada bagian belakang kemasannya sih tertulis kalau Acnol gel ini untuk merawat kulit berjerawat, membantu merawat kulit yang berjerawat hingga kulit tampak halus dan lembut.

Berdasarkan pengalaman, jerawat batu yang aku olesi Acnol gel ini lambat laun mengempis. Warna merah khas pada jerawat lama-lama berangsur menghitam. (Hah! Menghitam?!)

Ukuran jerawat batu yang awalnya besar, setelah diolesi Acnol gel beberapa hari dengan pemakaian 2-3 kali sehari, lama-lama mengecil.

Cara Memakai Acnol Gel

Kurang lebih cara memakai Acnol gel ini sama dengan Acnol lotion, dimana pertama wajah kita harus udah dibersihkan terlebih dahulu dengan sabun muka atau toner.

Kemudian olesi Acnol gel hanya pada area yang berjerawat. Awal-awal kalau jerawat  masih meradang, wajar jika kamu akan merasakan perih. Tapi cuma sebentar kok, lama-lama rasa perihnya hilang.

Acnol gel ini bisa dipakai 2-3 kali dalam sehari, waktu itu aku saking cepat pengin sembuh aku bisa pakai sampai 4 kali dalam sehari.

Aku kira jerawat akan lebih cepat mengempis, tapi ternyata gak juga tuh. Memang harus dipakai sesuai aturan ya hehe...

Harga Acnol Gel

Acnol gel masuk dalam kategori obat totol jerawat dengan harga terjangkau juga, karena hanya dengan Rp 19.000 aja kamu bisa mendapatkannya.

Ternyata mengobati jerawat gak harus mengeluarkan uang banyak ya. Tapi, kembali lagi ke cocok atau gak obat tersebut di wajah kita.

Hasil Pemakaian

Acnol untuk Jerawat
Hasil Pemakaian Acnol Gel for Acne

Kalau aku baca di review Acnol gel banyak sih orang yang cocok dengan produk ini, termasuk di aku juga bekerja cukup baik.

Tapi mungkin memang butuh waktu lebih ya untuk bisa benar-benar menyembuhkan. Apalagi yang aku alami kan jerawat batu dan jerawat mata yang besar. 

Sementara ini, aku masih ikhtiar menggunakan Acnol lotion dan Acnol gel. Hehe... Karena aku percaya segala sesuatu itu butuh proses. Termasuk untuk menyembuhkan jerawat yang lagi meradang huhu...

Kalau kamu lihat di foto, pada hari ke-1 jerawatku nampak besar dan merah. Tapi setelah hari ke-6 jerawat udah mengempis dan warna merah pudar, tapi jadi malah warna sedikit gelap ya?

Tapi gak apa2, ini udah cukup membantu mengatasi masalah jerawatku. Mungkin nanti untuk menghilangkan noda hitamnya bisa pakai serum yang mengandung Niacinamide seperti Serum Somethinc.

Sebenarnya, selain aku pakai Acnol gel jerawat di dagu ini juga dua kali aku pakaikan Derma Angle Acne Patch. Patch transparan ini cukup membantu untuk menyedot jerawat mata, dan lumayan juga untuk memaksimalkan Acnol gel untuk mengempiskan jerawat batu.

Oya foto di atas no filter ya, hanya beda pencahayaan karena yang hari ke-1 aku foto pas siang hari, makanya lebih menguning. Sementara yang hari ke-6 aku foto di pagi hari.

Hal Penting Lainnya....

Selain mengobatinya dengan obat totol jerawat, aku sekarang juga sedang mengurangi makanan berlemak, rajin mengganti sarung bantal, berhenti sementara menggunakan skincare dan rajin keramas dengan shampoo.

Karena ada banyak faktor kenapa kita bisa jerawatan kan? Karena jerawatku ada di dagu (yang kemungkinan muncul karena hormon), juga ada di pipi (yang katanya bisa karena sarung bantal kotor, dan gak cocok sama skincare tertentu). Dan ada juga di hidung (yang katanya bisa disebabkan karena stres).

Soalnya aku baru pakai dua produk skincare baru yang sebelumnya pernah kucoba, huhu... Aku curiga bisa jadi karena produk tersebut juga. Dan, mungkin bisa karena stres juga karena beberapa bulan ini lagi banyak pikiran. Haiya!

Perbedaan Acnol Lotion dan Acnol Gel

Berdasarkan pengalamanku pribadi, ada perbedaan fungsi dan penggunaan antara Acnol lotion dan Acnol gel ini. Dan hasil yang didapat tentunya dengan penggunaan yang tepat dong ya? 

Acnol Lotion: Digunakan untuk jerawat mata yang sudah pecah, sehingga bekas jerawat cepat mengering.

Acnol Gel: Digunakan untuk jerawat batu, jerawat yang baru mau muncul. Sehingga bisa mengempiskan jerawat tersebut.

Penutup

Baiklah, semoga review Acnol lotion dan Acnol gel ini bisa menambah pengetahuan seputar obat totol jerawat murah ya. Mungkin aja ada di antara kamu yang sedang mencari obat jerawat, nah pas kan kalau mau coba-coba.

Pendapat dari tulisan ini murni berasal dari pengalaman aku pribadi menggunakan Acnol ya. Sejauh ini memang memberikan hasil, tapi belum benar-benar menuntaskan jerawat aku.

So, Acnol untuk jerawat? Pembuktianku, it works!

Share this Article

9 comments:

  1. Uwah.. Saya juga pengguna acnol mbk, tapi belum pernah coba yang gel sih. Udah berbulan-bulan lho saya pakai acnol lotion. Paling sehari sekali karena emang gampang jerawatan. Saya ada jerawat kecil aja udah panik jadinya selalu pakai sore hari habisandi. Dulu pakai sebelum tidur dan dibersihkan setelah bangun, nggak tahunya kamar saya malah jadi bau obat😂
    Acnol ini emang ampuh banget sih... Walaupun bikin kulit agak kering kalau keseringan dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya bener kak, kirain perasaanku aja kulit yg ditotol jadi kering. Karna kan waktu ditotol gak bisa bener2 cuma jerawatnya aja. Di sekeliling jerawat bakal kena meskipun dikit

      Delete
  2. Dulu waktu masih bujangan aku pernah jerawatan, lalu aku pencet akhirnya sampai sekarang bekas jerawat nya ngga hilang.😂

    Harga acnol gel lebih mahal daripada acnol lotion ya, beda 4 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udahnya nyesel ya.. sama aku pun juga gitu. Jadi banyak bekas jerawat hitam2.

      Iya mas beda 4rb, tapi beneran oke loh di muka aku. Bekerja dengan baik

      Delete
    2. Iya, nyeselnya belakangan, kalo awal itu namanya DP.😂

      Delete
  3. Mengandung alkohol, ya. Jadinya enggak bisa dipakai diriku yang sedang hamil

    ReplyDelete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.