Jangan Pakai Skincare Menjelang Hari Pernikahan!

Wednesday, August 12, 2020 : 13:04
Jangan Pakai Skincare Menjelang Hari Pernikahan!
Jangan Pakai Skincare Menjelang Hari Pernikahan!

amazingputri.com – Jangan pakai skincare menjelang hari pernikahan! Lah kenapa? Sahabat amazing ada yang heran juga gak sih dengan larangan ini? Secara, skincare itu kan perawatan kulit yang mendukung kesehatan kulit, meningkatkan penampilan, dan juga meringankan kondisi kulit.

Tapi kenapa malah gak boleh dilakukan menjelang hari pernikahan?

Hari pernikahan itu momen yang sangat istimewa dalam kehidupan seseorang, jadi gak heran kalau hampir semua calon pengantin wanita mendambakan penampilan yang istimewa juga di hari tersebut.

Tapi ternyata ada larangan penggunaan skincare menjelang hari pernikahan, paling gak sebulan sebelum hari H. Gimana nih pendapatmu?

Beragam Penggunaan Skincare yang Umum Dilakukan

Seenggaknya ada lima langkah perawatan kulit atau penggunaan produk skincare yang biasa dilakukan wanita. Pasti kamu gak asing kan? Atau kalau kamu masih ada yang pemula, berikut ini bisa jadi panduan. Yuk simak! 😊

1. Cleansing

Cleansing adalah tahapan utama dalam perawatan kulit, langkah ini dilakukan dengan membersihkan wajah, gunanya mencegah pori-pori kulit tersumbat dan juga bisa mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Cleansing pada umumnya menggunakan air dan facial wash. Tapi ada juga teknik deep cleansing yang biasa dibutuhkan untuk membersihkan make up tebal, menghilangkan komedo dan sel kulit mati.

Beberapa produk skincare yang bisa digunakan untuk langkah cleansing ini seperti facial wash, micellar water, cleansing oil, dan exfoliator.

2. Toner

Toner memiliki fungsi untuk mengangkat sisa kotoran dari kulit wajah, memberikan nutrisi, menyeimbangkan warna kulit wajah, melembabkan, dan beragam fungsi lainnya bagi kesehatan kulit.

Ternyata nih, pakai facial wash untuk cuci muka aja itu gak cukup. Kita butuh tambahan toner untuk bisa benar-benar mengangkat kotoran dan minyak yang ada di kulit.

Kalau kamu biasa pakai produk toner merek apa nih, sahabat amazing?

Penting loh memilih toner yang mengandung bahan yang kulit kita butuhkan. Misalkan nih, aku ada bekas jerawat hitam, nah yang aku butuhkan adalah toner dengan kandungan niacinamide karena kandungan niacinamide ini mampu meratakan warna kulit.

3. Serum

Serum menjadi salah satu dalam rangkaian penggunaan skincare yang paling esensial. Serumyang biasanya berbentuk cair ini mengandung formula yang dapat meresap ke lapisan terdalam kulit.

Cara kerja serum bisa lebih tinggi 10 kali lipat loh dibanding krim wajah biasa. Makanya, gak heran ya kenapa kebanyakan harga serum cenderung mahal. Hihi...

Tapi meskipun mahal kalau manfaatnya banyak ya gak masalah lah ya? Lagian meskipun beli serum dengan isi 10 ml aja bisa hemat kok, karena biasanya digunakan hanya 1-2 tetes aja lalu diratakan ke seluruh area wajah.

4. Pelembab

Dari namanya aja kamu pasti langsung paham apa fungsinya. Yaps! Untuk melembabkan kulit wajah dong tentunya. Bahkan ya, kulit berminyak sekalipun juga butuhkan pelembab loh.

Jadi bagi si kulit berminyak macam aku, jangan abaikan pelembab ya. Tapi, pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit juga. Biasanya pelembab untuk kulit berminyak cenderung lebih ringan, berbasis gel, dan bukan komedogenik.

Kalau kulit berminyak aja butuh pelembab, apa lagi kulit kering ya? Betul banget sahabat amazing, karena pada dasarnya pelembab ini mampu melindungi kulit, mencegah tanda penuaan dini, mencegah alergi, mecegah kulit menjadi kering, menyegarkan wajah, dan masih banyak lagi manfaat baik dari pelembab.

5. Sunscreen

Walaupun beraktifitas di dalam ruangan, tetap wajib ya pakai sunscreen. Paling gak pakai sunscreen dengan kandungan SPF 30. Kalau mau beraktifitas di luar ruangan, gunakan sunscreen 15 menit sebelum keluar.

Sebagai skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, sunscreen juga perlu kamu re-apply setiap 2-3 jam supaya mendapatkan perlindungan UVA dan UVB secara maksimal.

Kalau kamu perhatikan ya, ada sunscreen yang meninggalkan kesan putih atau white cast tapi ada juga yang gak white cast seperti sunscreen Iluminare. Nah, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.

Yakin Mau Mengabaikan Sejuta Manfaat dari Skincare?

Jangan Pakai Skincare Menjelang Hari Pernikahan!
Produk Skincare (source: freepik)

Setelah tau kalau produk skincare memiliki begitu banyak manfaat, yakin nih mau lepas pakai skincare menjelang hari pernikahan?

Kalau ternyata kulit malah jadi kusam, berminyak, dan berjerawat setelah gak pakai skincare. Nanti malah wajah kita gak prima pas hari istimewa. Dilema gak sih? Huhu...

Jadi ceritanya, persiapan menjelang hari pernikahanku bisa dibilang udah 90 persen. Bahkan, aku juga udah book Make Up Artist (MUA) pilihan.

Nah, yang mendorong aku menulis artikel ini adalah karena MUA tersebut menyarankan aku untuk gak pakai skincare paling gak sebulan sebelum hari H.

Dan, produk skincare yang boleh digunakan hanya facial wash. Bahkan, sunscreen dan aloevera aja hanya boleh dipakai jarang-jarang.

Katanya sih karena nanti make up bisa gak nempel, gak tahan lama, atau malah jadinya jelek deh pokoknya. Tapi, di lain sisi aku butuh beberapa produk skincare yang bisa melembabkan dan mengurangi minyak berlebih di wajah.

Karena gak puas dengan jawaban si MUA tersebut, akhirnya aku mencari informasi dari berbagai sumber, membaca artikel, nimbrung di beberapa forum, dan bertanya langsung dengan teman yang juga berprofesi sebagai MUA.

Kenapa Gak Boleh Pakai Skincare Menjelang Hari Pernikahan?

Ada benarnya larangan penggunaan skincare menjelang hari pernikahan ini, tapi lebih ditekankan untuk penggunaan krim dokter ternyata sis.

Karena krim dokter cenderung memiliki kandungan dengan dosis tinggi, bisa menimbulkan jerawat, kemerahan, muncul rasa gatal, bahkan dapat menyebabkan kulit mengelupas.

Nah, risiko ini yang dicoba untuk dihindari supaya saat hari H nanti foundation bisa menempel dengan sempurna.

Selain itu penting juga untuk gak coba-coba produk skincare baru dulu selama menjelang hari H. Supaya menghindari kalau-kalau ternyata kita gak cocok dengan produk tersebut.

Kalau ternyata gak cocok kan wajah bisa bruntusan, breakout, iritasi, dan gangguan kulit lainnya. Nah, gimana mau make-up nya cetar kan kalau kulit wajah gak dalam kondisi prima.

Tetap Rajin Cuci Muka Pakai Facial Wash!

Meskipun gak boleh pakai beberapa skincare, tapi tetap harus rajin cuci muka ya. Kalau kata MUA boleh kok cuci muka pakai facial wash. Karena pakai air biasa aja gak cukup, kecuali air wudhu.

Penggunaan pelembab dan sunscreen juga masih boleh dilakukan menjelang hari pernikahan. Kalau kata MUA benar-benar stop pakai berbagai krim itu seminggu sebelum hari H.

Karena aku awam soal ini ya, jadi aku manut aja deh.. yang penting nanti pas hari H aku terlihat cantik bagai permaisuri. Hehehe...

Setiap MUA Berbeda-beda

Mungkin ada sahabat amazing yang pengalaman dulu menikah tanpa dilarang pakai skincare? Yap, karena setiap MUA berbeda-beda ya sis. Hehe...

Ada MUA yang benar-benar melarang, tapi ada MUA yang ‘ah bodo amat apa ngaruhnya sih’. Karena tiap MUA mungkin punya teknik tersendiri saat mendandani si pengantin.

Tapi dari hasil ‘riset’ yang kulakukan secara sangat kecil-kecilan ini (hahaha), hampir semua MUA sepakat kalau penggunaan krim dokter menjelang hari pernikahan memang harus dihindari.

Selain itu, lebih baik stop dulu perawatan di klinik kecantikan, seperti facial, treatmentIPL, atau bahkan peeling. No, no, no... dulu deh.

Well, selebihnya kembali pada masing-masing individu ya... jangan sampai ada perdebatan setelah ini. Hihihi... Trus aku mau tanya deh, kalau menurut kamu gimana nih soal jangan pakai skincare menjelang hari pernikahan?

Share this Article

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.

9 comments:

  1. Wuu.. berarti kamu udah nggak pake skincare dong Put, hihi..
    Btw, izin share ya Put, kebetulan ada temen mau nikah 3 bulan lagi nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak silakan, siapa tau bermanfaat buat dia hehe :)

      Delete
  2. Aku sendiri pas sebelum nikah masih tetep pake mba. Dan ga ada masalah. Tp aku setuju kalo krim dokter ditahan dulu. Krn kebanykan produknya racikan kan ya. Dan itu blm tentu cocok ntr Ama makeup yg akan dipake.

    Tp kalo skincare ya bukan racikan, dan sudah lama juga kita pakai, harusnya sih g ada msalah :).

    ReplyDelete
  3. Menurut aku, selain nurutin kata MUA nya juga harus diskusiin sama dokternya. Yg ditakutin MUA itu kayaknya krim yg bikin kulit licin, sama krim yg bikin kulit kering kaya krim buat jerawat. Takut foundie ga nempel..

    ReplyDelete
  4. Berhubung aku belum menemukan mas jodah, aku bingung harus jawab apa kakak.hehehhe
    Mungkin kalau bertujuan hanya untuk membersihkan polesan tak apa.
    .
    kalau ada amazing yang menggunakan perawatan kecantikan nah ada baiknya dikomunikasikan dengan bu dokter ataupun si mbk make up-nya.

    ReplyDelete
  5. Belum tau kapan bakal nikah sih, tp liat judulny lgsg shock hahaha.

    ReplyDelete
  6. Aku nggak jelang nikah ataupun udah nikah, make upku ya begini-begini aja kayaknya.

    Yang paling ngaruh mgkn ketika pake cream dokter dan baru ganti setelah lamaran yaa. Kulit-klit sensitif biasanya suka ada efek samping gitu yaa put. Eh, ini lagi perasaan udah lama posting dan aku udah komen perasaan, tp kok ga ada yaa?Ini udah mulai dipingitya put?

    ReplyDelete
  7. Kalo toner tetep dipake boleh ga ya??

    ReplyDelete