Ternyata Manfaat Zinc Bisa untuk Meredakan Jerawat!

Sunday, September 6, 2020 : 10:00

 

Ternyata Manfaat Zinc Bisa untuk Meredakan Jerawat!
Ternyata Manfaat Zinc Bisa untuk Meredakan Jerawat!

Kebanyakan orang tahu bahwa manfaat zinc hanya untuk kesehatan gigi, karena zinc membantu mengurangi bakteri di mulut sehingga bebas bau tak sedap dan plak gigi.

Tapi siapa sangka ternyata jenis mineral satu ini juga bermanfaat dan banyak digunakan di dunia kecantikan. Yakni untuk meredakan jerawat, wow! kabar baik nih untuk para acne fighter ^^

Perlu diketahui, zinc ini kandungan yang cukup penting loh untuk tubuh karena membantu pertumbuhan serta replika sel. Selain itu, ada studi yang mengatakan kalau zinc juga bisa dipakai untuk menyembuhkan luka, memperlambat penurunan fungsi penglihatan, dan mencegah diare.

Manfaat zinc lainnya ya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bisa juga untuk meredakan jerawat. Kalau kamu perhatikan ada produk skincare tertentu yang juga memasukkan zinc ke dalam komposisinya. Khususnya produk skincare untuk merawat kulit berjerawat.

Bagaimana Zinc Bisa Meredakan Jerawat?

Ternyata wajah yang berjerawat bisa menjadi salah satu tanda kalau orang tersebut kekurangan zinc. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian Turkish Academy Dermatology yang menyebutkan bahwa 54% orang dengan masalah jerawat diakibatkan kurang asupan zat mineral zinc. Sehingga saat menggunakan skincare dengan kandungan zinc, jerawat akan lebih cepat mengempis dan kulit wajah menjadi lebih baik.

Zinc bisa menyelesaikan masalah jerawat hormonal, tetapi selain itu juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah jerawat untuk timbul kembali.

Manfaat Zinc Lainnya untuk Merawat Kesehatan Kulit

Ternyata Manfaat Zinc Bisa untuk Meredakan Jerawat!
Manfaat Zinc untuk Merawat Kesehatan Kulit

Kamu sudah tahu kan kalau jerawat terbentuk akibat minyak yang berlebih dan kotoran yang menumpuk di kulit wajah, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Skincare yang mengandung zinc juga bisa loh untuk meningkatkan fungsi imun, ini dia yang membantu mengontrol peradangan pada jerawat.

Bagi kamu si pemilik kulit berminyak juga cocok kok menggunakan skincare dengan kandungan zinc, karena dapat mengatur sel kulit dan bisa mengurangi produksi sebum berlebih.

Kalau produksi sebum dapat dikendalikan tentunya bisa mencegah pori-pori tersumbat. Kalau pori-pori tidak tersumbat, jelas tidak ada jerawat akan muncul, begitu ^^

Selain mampu menuntaskan masalah jerawat, ini dia manfaat zinc lainnya untuk merawat kesehatan kulit:

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Pemilik kulit berminyak cukup rentan mengalami masalah kulit berjerawat. Hal ini karena produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Sementara zinc bisa bekerja supaya produksi minyak di kulit lebih terkendali.

Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Salah satu cara yang ampuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen dengan bahan zinc bisa juga untuk memaksimalkan perlindungan kulit kamu dari sinar matahari loh.

Bekerja di Kulit Sebagai Antioksidan

Sama seperti vitamin C dan E yang berperan aktif sebagai antioksidan kulit, zinc juga mampu menangkal bahaya radikal bebas. Sehingga skincare yang mengandung ketiga bahan ini sangat bermanfaat untuk kulit kamu.

Itulah beberapa manfaat zinc untuk merawat kesehatan kulit kamu, jadi sekarang lebih cermat ya dalam memilih skincare. Apalagi untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat atau berminyak. Lebih baik gunakan skincare yang sudah teruji klinis, jangan coba-coba dengan produk murah tetapi kualitasnya tidak terjamin.

Sekarang nambah deh wawasannya...

Sekarang kamu sudah tahu deh kalau salah satu manfaat zinc selain bagus untuk kesehatan gigi, juga bisa untuk meredakan jerawat. Kalau kamu belajar hal baru dari artikel ini, yuk share ke teman-teman lainmu melalui media sosial ^^

Share this Article

16 comments:

  1. Saya masih mikir lagi bentukan zinc itu seperti apa hihihi
    Apakah zinc ini mineral yang sekawan dengan belerang atau zinc ini masuk ke jenis vitamin duh ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zinc masuk kategori mineral kak. Kalo bentukannya begimana ya aku belum pernah liat dengan mata kepala sendiri huehehehe

      Delete
  2. iya nih, jadi nambah wawasan tentang zinc-nya. Saya suka kepikirannya sampo zink, haha. Brb buka produk2 skinkerku nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha branding oh branding yaaa sukses shampoo zink ningkatin brand awareness nya haha

      Delete
  3. Aku mikirnya zinc si shampo itu lho :D
    Jadi, habis keramas terus buat cuci muka, wkwk..

    Beneran baru tahu sih ini, hihi.. Tapi tadi kirain bakal ada contoh produknya gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aku gak lagi endorse kak wkwkwk cuma sharing pengetahuan tentang zinc ^^

      Yakali kak cuci muka pake shampoo haha

      Delete
  4. Kalau mau melakukan perawatan kulit secara alami, manfaat zinc ini bisa didapat dari apa ya? Buah atau sayur atau adakah tanaman tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa disadari sebenarnya kita makan makanan yg mengandung zinc. Misalnya daging merah, kentang, kacang merah, wijen, udang, kerang, dll kak

      Delete
  5. Baru tahu nih kalau zinc bisa ngatasin jerawat, biasanya carinya yang ada salicylic acid aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya salicylic acid juga.. tapi bahan ini kurang cocok untuk kulit kering. Bisa tambah bikin kering huhu

      Delete
  6. Aku baca zinc tuh kirain mau bahas multivitamin anal gitu mba, trnyata bagus buat kulit jg ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya kak ternyata ada manfaatnya untuk meredakan jerawat juga ^^

      Delete
  7. Nah noted dah. Jadi kalau beli skincare untuk kulit berminyak itu sebaiknya cari yang kandungan zinc ada ya ..

    ReplyDelete
  8. Wah baru tau zinc sebagai anti oksidan. Iya nih taunya untuk pasta gigi. Nambah wawasan deh.

    ReplyDelete
  9. kupikir merk shampoo tadi mbak putri haha.. ternyata kandungan zinc banyak ya. pantes di beberapa obat jerawat mengandung zinc

    ReplyDelete
  10. kirain sampo tadi dipake kemuka ckck, gak nyangka punya makna lain

    ReplyDelete

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.