Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Bagian dari Mempercantik Diri

Monday, September 21, 2020 : 11:17
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Bagian dari Mempercantik Diri
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Bagian dari Mempercantik Diri

Menjaga kesehatan gigi dan mulut bagian dari mempercantik diri. Selain merawat rambut, kulit wajah dan tubuh, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga hal penting dari mempercantik diri loh.

Wajah yang cantik didukung penampilan yang fashionable bisa jadi ambyar kalau ternyata kita bau mulut dan gigi yang kurang terawat. Kamu juga pasti risi kan kalau bertemu orang yang seperti itu?

Mengapa Penting Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut?

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal penting yang harus kita lakukan nih gaess... Karena dari berbagai hasil penelitian mengungkapkan kalau kita abai akan hal ini maka dapat menjadi penyebab berbagai penyakit serius.

Yah, kita tahu kan kalau gigi merupakan bagian penting dari tubuh. Bayangkan, kalau sakit gigi makan jadi tak enak, sulit bicara, dan pastinya mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Jadi, totally disagree deh sama lagu yang liriknya "Lebih baik sakit gigi, daripada sakit hati..." Hehehe...

Lagi pula, gigi dan mulut yang tidak dirawat bisa jadi sarang kuman dan berakibat kerusakan gigi. Itu loh namanya karies, dan bisa juga terjadi peradangan dari pembusukan sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Parahnya lagi, bisa menyebabkan infeksi pada jaringan gusi dan bisa masuk ke aliran darah sehingga mengakibatkan peradangan di bagian tubuh lainnya. Misalnya di ginjal, sendi, organ tubuh lainnya, atau berujung sakit kepala. Huhu...

Jadi, masih mau abai menjaga kesehatan gigi dan mulut? Sudah bisa terkena berbagai penyakit, ditambah tidak mendukung supaya diri lebih cantik, kan?

Kesehatan gigi dan mulut yang tidak dijaga dengan baik juga bisa menimbulkan permasalahan lain seperti berikut ini nih:

Bau Mulut (Halitosis)

Kebayang kan betapa awkward-nya ketika lagi dating tapi doi mendadak ilfeel karena mencium aroma tidak sedap dari mulut kita. Duh, jangan sampai terjadi deh!

Halitosis ini sebutan untuk bau mulut yang berkelanjutan dan tidak bisa hilang, walaupun sudah rutin menyikat gigi, menggunakan pencuci mulut, maupun mengonsumsi permen.

Biasanya, halitosis ini diakibatkan seringnya mengonsumsi tembakau, sisa makanan di mulut yang tidak dibersihkan, mulut yang kering, gigi yang kotor, atau juga bisa lantaran mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Gigi Berlubang

"Lebih baik sakit gigi, daripada sakit hati..." Hehehe... siapa yang auto nyanyi nih? Kalau aku totally disagree ya dengan lirik itu, apalagi kalau sakit karena ada gigi yang berlubang. Huft, pasti menyiksa kan?

Gigi berlubang terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan keras gigi yang disebabkan oleh karies yang terbentuk karena bakteri menimbulkan warna kehitaman.

Kamu perlu tahu nih, penyebab utamanya biasanya karena jarang menyikat gigi, sampai-sampai gigi yang kotor ini membentuk plak. Nah, singkatnya, plak yang terus menumpuk ini berubah menjadi karies dan menyebabkan gigi berlubang.

Karang Gigi

Karang gigi juga biasa disebut kalkulus gigi yaitu timbunan plak dan zat kapur yang bereaksi terhadap air liur. Biasanya gara-gara sisa makanan yang menempel di gigi kita dimakan oleh bakteri di mulut.

Memang penting sih untuk membersihkan karang gigi setiap enam bulan sekali ya. Siapa nih yang baru ke dokter gigi kalau pas bermasalah saja? Hehe.. sama ^^, *tak patut.

Abses Gigi

Apaan tuh abses gigi? Adalah rongga patologis yang berisi pus disebabkan infeksi bakteri campuran. Masalah kesehatan gigi yang satu ini merupakan infeksi akut purulen (dahak) yang berkembang pada bagian apikal gigi.

Kanker Lidah

Kalau kata pakar kesehatan gigi dan mulut sih, kanker lidah ini penyebab utamanya adalah mutasi gen yang disebabkan rokok dan konsumsi alkohol berlebih. Tetapi, kanker lidah juga bisa terjadi karena gigi dan mulut yang tidak dijaga kebersihannya.

Duh, jangan sampai deh kita merasakan berbagai masalah gigi dan mulut di atas ya. Karena meskipun terlihat sepele, tapi bisa berakibat ke penyakit berbahaya lainnya.

Upaya untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Bagian dari Mempercantik Diri
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Bagian dari Mempercantik Diri (source: freepik.com)

Di foto sih cantik, tapi saat bertemu secara langsung "Kok bau mulut sih, plak gigi dimana-mana, parahnya lagi ada karies di gigi depan..." Ehehe... tidak mau kan di judge seperti itu?

Baiklah, kalau begitu saatnya lebih perhatikan lagi kesehatan gigi dan mulut dengan upaya-upaya berikut ini:

Rajin Sikat Gigi Setiap Hari

Setidaknya sikat gigi dua kali dalam sehari, saat bangun pagi dan sebelum tidur di malam hari. Karena dengan menyikat gigi bisa menghilangkan kuman dan plak yang menumpuk.

Saat menyikat gigi, selingi dengan menyikat lidah juga ya, supaya bisa menghilangkan kuman yang menempel di lidah.

Menggunakan Pasta Gigi Berfluorida

Saat ini ada banyak merek pasta gigi yang bisa kamu gunakan, tapi pastikan yang kamu pilih adalah pasta gigi yang mengandung fluorida. Fluorida ini yang menjadi pertahanan utama dari kerusakan gigi, tugasnya memerangi kuman yang menyebabkan kerusakan gigi.

Selain itu pasta gigi yang mengandung zincjuga bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan memperkuat akar gigi.

Banyak Minum Air Putih

Komponen tubuh manusia 70 persennya adalah air, tak heran kita selalu dianjurkan untuk banyak minum air putih. Karena dengan banyak minum air putih juga baik untuk kesehatan mulut. Jadi, jangan lupa untuk banyak minum air putih ya :)

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selain banyak minum air putih, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi demi kesehatan gigi dan mulut. Makanan bergizi ini banyak macamnya ya, seperti sayur-mayur, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan juga produk susu.

Selain itu perlu juga mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti makanan laut, supaya mengurangi risiko peradangan, dan menurunkan risiko penyakit gusi.

Selain beberapa hal di atas, usahakan juga untuk tidak merokok ya! Karena tembakau dalam rokok bisa menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Nah, kan jadi tidak tampil cantik? Bahayanya lagi, keseringan merokok juga bisa menyebabkan penyakit gusi dan kanker mulut.

Lagian, daripada uangnya dibelikan rokok mending untuk beli makanan bergizi saja atau beli barang lain yang lebih bermanfaat. Setuju atau setuju nih? ^^

Jadi, mulai sekarang yuk perhatikan kesehatan gigi dan mulut sebagai upaya mempercantik diri. Kalau kamu belajar hal baru dari artikel ini yuk share ke media sosial kamu! Because Sharing is Caring 😊

Share this Article

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.

2 comments:

  1. Bisa sampai mengakihatkan masalah ke ginjal, sendi, organ tubuh lainnya itu beneran serem yaa Mbak.

    Oh ya, kalo ke dokter gigi. Sejujurnya aku belum pernah, takut. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Gigi itu memang aset yang penting banget. Apalagi saya suka minum kopi jadi harus tetap terjaga kesehatan gigi saya. Sayang banget sekarang belum berani ke dokter gigi karena masih pandemi :(

    ReplyDelete