4 Tanda Alergi Skincare dan Cara Mengatasinya

Monday, September 7, 2020 : 17:31
4 Tanda Alergi Skincare dan Cara Mengatasinya
4 Tanda Alergi Skincare dan Cara Mengatasinya

4 Tanda Alergi Skincare dan Cara Mengatasinya - Skincare atau perawatan kulit kerap dilakukan kebanyakan wanita, ada beragam jenis skincare yang ada, tapi pakai skincare itu cocok-cocokan loh. Skincare yang cocok di aku belum tentu cocok di kamu, dan sebaliknya.

Kalau sudah ketemu produk skincare yang tidak cocok, biasanya kamu bisa mengalami alergi. Seperti yang pernah aku alami dua bulan yang lalu. Bermula dari iseng-iseng pakai produk skincare baru yang belum pernah aku coba, sebut saja nama produknya H ya ^^

Saat itu aku sedang bermasalah dengan kulit berjerawat, dan bekas jerawatnya yang menghitam. Karena serum di rumah habis, dan keisengan untuk mencoba produk baru muncul begitu menggebu. Akhirnya aku mencari informasi terkait serum yang ampuh menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Dapat deh si produk H ini yang banyak diulas beauty blogger dengan rating yang cukup memuaskan. Langsung tergiur dan beli di toko kosmetik dekat rumah.

Ternyata, eng ing eng..... baru pakai tiga malam jerawat bukannya hilang malah bermunculan di sana sini. Aku harap kamu tidak mengalaminya, maka dari itu berikut aku sharing tanda-tanda alergi skincare dan cara mengatasinya ya. Semoga bermanfaat ^^

Tanda-tanda Alergi Terhadap Skincare Tertentu

Produk skincare mahal maupun murah bukan jaminan akan bekerja dengan baik di kulit atau tidak berfungsi sama sekali. Karena seperti yang sudah aku sampaikan di atas, skincare itu cocok-cocokan.

Misalkan, aku dan kamu sama-sama punya masalah kulit berjerawat. Lalu kita sama-sama menggunakan produk A yang katanya ampuh meredakan jerawat.

Tapi ternyata, produk tersebut tidak bekerja di kulit wajahku. Justru malah membuat wajah terasa gatal, kulit jadi mengering, bahkan jerawatnya semakin parah.

Sementara, ternyata produk A cocok di kamu. Lambat laun dengan penuh kesabaran dalam menggunakannya, wajah kamu yang mulanya berjerawat menjadi bersih dan glowing.

Ini yang kerap aku alami dengan beberapa temanku yang sama-sama suka hunting skincare. Meskipun permasalahan kulitnya sama ternyata butuh skincare dengan kandungan yang berbeda. Kalau dipaksakan pakai skincare yang tidak cocok bisa menyebabkan alergi.

Nah, sebaiknya kamu berhenti menggunakan skincare tersebut kalau merasakan tanda-tanda seperti di bawah ini:

Wajah Memerah dan Terasa Terbakar

Secara logika, produk skincare itu untuk merawat kulit supaya lebih sehat. Sungguh aneh kan kalau saat dipakai justru membuat wajah memerah dan terasa seperti terbakar?

Ini bukan efek permulaan dari skincare tersebut bekerja di kulit wajah kamu ya. Bukan! Karena wajah yang memerah ini menandakan kalau kulit sedang beradaptasi dengan produk. Kulit sedang jerit-jerit meminta kita untuk berhenti pakai produk itu. Hihi...

Sementara rasa terbakar ini adalah reaksi kulit untuk melindungi diri dari bahan yang tidak sesuai dengannya, misalkan pewangi, pengawet, atau zat-zat lainnya.

Kulit Terasa Gatal

Selain kulit memerah dan rasa terbakar, biasanya tanda dari kamu alergi terhadap skincare tertentu adalah kulit yang terasa gatal. Jadi sebaiknya hentikan penggunaan skincare tersebut ya, ladies. ^^

Biasanya produk skincare yang mengandung pewangi nih yang menyebabkan rasa gatal. Untuk menghindarinya, perhatikan lagi komposisi produk yang mau kamu beli, kamu bisa pilih yang berlabel fregrance-free.

Pengalaman kulit terasa gatal saat menggunakan skincare ini pernah aku alami dua tahun yang lalu, saat itu aku pakai masker yang mengandung ganggang hijau. Kebanyakan orang yang menggunakan masker ini bilang hasilnya bagus di kulit mereka.

Tetapi setiap kali aku pakai masker itu terasa gatal di bagian tertentu wajah, seperti pipi, kening, dan dagu. Awalnya kupikir ini reaksi dari pertama kalinya penggunaan. Tapi, sampai penggunaan yang kesekian kalinya tetap terasa gatal.

Usut punya usut, (eh) ternyata masker yang aku pakai itu palsu, pemirsah ☹

Karena palsu jelas dong kandungannya berbeda dengan produk yang asli. Mungkin di masker palsu itu ada bahan yang tidak cocok di kulit aku. Dan itulah yang menyebabkan kulit terasa gatal. Ceritaku ini aku tulis di pengalaman pakai produk masker palsu.

Kulit Kering dan Mengelupas

Mengenal jenis kulit kita sebelum membeli produk skincare itu memang penting sekali. Karena dengan tahu jenis kulit, kita bisa memilih bahan apa yang kita butuhkan dan yang perlu kita hindari.

Jangan sampai saat pakai produk tersebut, bukannya wajah jadi bersih malah bikin kulit kering bahkan mengelupas.

Biasanya nih produk pembersih wajah yang ada kandungan acid tinggi membuat kulit jadi kering dan mengelupas. Kandungan ini tidak dianjurkan untuk kamu si pemilik kulit kering.

Karena jenis kulit kering lebih butuh banyak bahan pelembab, jadi mulai sekarang lebih cermat yuk dalam memilih produk skincare ^^

Muncul Jerawat

Alih-alih menuntaskan masalah jerawat, eh pakai produk skincare tertentu malah muncul banyak jerawat baru. Piye tho? Ini sih yang bikin aku kalangkabut dua bulan lalu. Ditambah lagi jerawat yang muncul kok besar-besar banget huft.

Meskipun ya ada banyak faktor yang menyebabkan muncul jerawat selain karena hormon. Salah satunya ya bisa jadi kamu menggunakan skincare yang tidak cocok di kulit.

Terus, bagaimana cara mengetahui kalau jerawat tersebut memang karena salah pakai produk skincare?

Caranya, coba saja pakai terus produk itu selama dua minggu. Kalau jerawatnya makin banyak, berarti ya memang kamu tidak cocok dengan produk tersebut. Jadi cepat-cepat deh berhenti, beri waktu kulit puasa skincare, baru deh kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk memilih skincare yang baru.

Tapi, kalau aku sih menunggu dua minggu dengan produk skincare yang tidak cocok di kulit itu whoooaaaa... gak kuat! :D

Mending langsung stop, stop, dan stop!!!

Cara Mengatasi Alergi Akibat Skincare

4 Tanda Alergi Skincare dan Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Alergi Akibat Skincare

Kalau wajah sudah terlanjur merah-merah, panas, gatal, dan mengelupas bagaimana dong ini???? Help!!!

Tenang, tenang, ini ujian. *Oooppsss....

Bukan, maksudnya tenang... Semua bisa diatasi kok asal ada niat dan ikhtiar ^^

Hentikan Penggunaan dan Bersihkan Wajah

Wajah yang mendadak gatal, perih, memerah, dan rasa terbakar atau biasa disebut breakout saat baru saja menggunakan skincare menjadi tanda bahwa kulit menolak bahan tertentu yang ada di dalam produk tersebut.

Oleh karena itu, segera hentikan penggunaan dan cuci wajah hingga bersih. Sebaiknya jangan gunakan skincare apapun dulu, beri waktu istirahat bagi kulit dan biarkan kulit menyembuhkan dirinya sendiri.

Cari Tahu Produk Penyebab Alergi

Supaya alergi tidak terjadi lagi sebaiknya cari tahu produk mana yang menjadi penyebabnya. Biasanya sih reaksi ini terjadi saat kita menggunakan satu produk baru.

Tapi, kalau kamu pakai beberapa produk baru sekaligus ini sih yang akan membuat bingung untuk mengetahui produk mana yang menjadi masalah.

Maka, sebaiknya kalau kamu ingin coba beberapa produk baru sekaligus. Lakukan uji coba dulu produk satu per satu, jadi kamu bisa tahu reaksi yang ditimbulkan dari setiap produk.

Kalau kamu sudah tahu produk yang menyebabkan alergi, kan kamu bisa tidak menggunakannya lagi. Meskipun yang membuat dilema adalah sayang dibuang karena isinya masih banyak ya, apalagi kalau harganya hmmm lumayan. Huhuhu...

Jaga Kelembaban Kulit

Kalau kulit wajah iritasi, kamu bisa menggunakan produk skincare aman yang bisa melembabkan. Sebaiknya sih gunakan produk pelembab yang sudah pernah kamu gunakan sebelumnya ya. Supaya tidak double kill, *eh double alergi maksudnya ^^

Kalau kasusnya kulit kamu alergi hingga melepuh, kamu bisa menggunakan lotion antiseptik. Cari produk yang aman, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya.

Berkonsultasi ke Dokter

Kalau alerginya tidak parah sih bisa saja disembuhkan sendiri ya, seperti beberapa poin di atas dan banyak minum air putih. Tetapi, kalau dampak di kulit wajah cukup parah bagaimana?

Segera konsultasikan ke dokter saja ya, ladies. Karena setiap permasalahan kulit butuh treatment khusus. Daripada salah langkah penanganan, lebih baik kamu tahu bagaimana kondisi kulit wajah dari dokter ahlinya.

Karena setelah diperiksa, dokter akan memberikan resep yang sesuai dengan masalah kulit kamu. Tapi, semoga alergi skincare ini tidak terjadi padamu ya sahabat amazing ^^

Okay deh, itu dia 4 tanda alergi skincare dan cara mengatasinya. Ingat ya, untuk menghindari hal ini terjadi, kenali jenis kulitmu, dan pilih produk skincare yang sesuai. ^^

Share this Article

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.

5 comments:

  1. Aku nggak pernah alergi skin care sih, pernah memang 2 apa 3 kali ganti, alhamdulillah aman-aman aja. Ini ceritanya aku sombong gitu apa gimana yak, wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beruntung sekali aman2 aja.. karna tepat pakai skincare atau memang kulitnya yang sudah kebal nih kak? Hahahaa *julid aja neh

      Delete
  2. Skincare saya cuma pencuci wajah di minimarket sama sunblock Parasol SPF 33, mungkin ditambah air wudhu hehe. Mungkin ga sampe level alergi, cuma sensitif doang, kalau pake sunblock yg di minimarket, karena masuknya produk kosmetik kali ya. Pake parasol paling aman buat saya, tapi kadang suka lupa jadi terpaksa beli yg ada biar cepet, soalnya lebih alergi sama mataharinya suka langsung merah2 muka.

    ReplyDelete
  3. Saya dulu sering mbak alergi skincare gini. emang dasar kulit saya yang sensitif sih. Dan kalau udah breakout susah banget nyembuhinya. Kan saya jadi galau....
    Jadi sekarang jarang banget coba produk baru karena masih takut.

    ReplyDelete
  4. udah lama nih ga baca tulisan mba putri..

    ReplyDelete