Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Wednesday, September 23, 2020 : 11:24

 

Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami
Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Tips menghilangkan bau badan menjadi solusi yang banyak dicari orang selain menyelesaikan masalah bau mulut. Banyak orang mengira, bau badan ini timbul akibat keringat. Padahal keringat tidak menimbulkan bau, loh.

Hai, Sahabat Amazing! Kamu pasti sepakat kalau badan dengan aroma tidak sedap bisa membuat seseorang jadi tidak percaya diri, kan?

Selain itu, ketiak yang basah dan bau tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi sebenarnya, kenapa sih badan kita bisa bau? Apakah benar akibat keringat?

Bagaimana Bisa Timbul Bau Badan?

Tubuh kita memiliki banyak sekali kelenjar keringat, bahkan jumlahnya bisa jutaan! Tapi masalah utama bau badan sebenarnya bukanlah keringat.

Bau badan yang memiliki istilah bromihidrosis ini timbul karena adanya bakteri di tubuh kita yang bercampur dengan keringat, khususnya pada bagian ketiak.

Jadi sebenarnya bukan salah keringat ya, tapi si bakteri ini yang berkembang biak di antara keringat yang membasahi tubuh kita.

Si bakteri tersebut memecahkan protein keratin yang dimilikinya pada permukaan kulit kita, aktivitas itulah yang menimbulkan aroma badan jadi tidak sedap.

Tak heran banyak orang yang mencari cara menghilangkan bau badan secara cepat dan alami, seperti cara menghilangkan bau badan dengan garam atau bahan lainnya.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Garam

Garam atau natrium klorida memiliki banyak manfaat, salah satunya menghilangkan bau badan. Garam ini bisa menjadi bahan yang dapat untuk detoksifikasi juga, yakni proses membersihkan racun dalam tubuh.

Kamu bisa mencoba berendam di air mandi yang telah dicampur garam. Supaya menimbulkan wangi, kamu bisa campur dengan minyak essensial juga.

Berendam air garam selain sebagai cara menghilangkan bau badan secara cepat juga dapat menenangkan otot-otot yang tegang, membuat rileks dan mengusir stres.

Jika tidak mau berendam dan supaya ketiak tidak bau, kamu bisa mencampurkan air dan sejumput garam kemudian dioles ke area ketiak saja.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Nipis

Selain garam bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis yang memiliki nama lain citrus aurantifolia ini masuk dalam tumbuhan famili rutaceae yang memiliki banyak manfaat, salah satunya menghilangkan bau badan.

Cara menggunakan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat ini juga terbilang cukup mudah.

Yakni dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras airnya lalu oleskan dengan kapas ke kedua ketiak.

Gunakan setelah mandi, dan biarkan hingga mengering. Kamu bisa menggunakan cara ini setiap hari karena perasan jeruk nipis dapat membunuh bakteri penyebab bau badan.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Tawas

Ada yang pernah pakai tawas? Tawas ini berbentuk mirip bongkahan kristal, dan mengandung asam sulfat.

Tawas memiliki sifat antiseptik dan antibakteri makanya dapat digunakan sebagai penghilang penyebab bau badan secara alami.

Cara menggunakannya yakni hancurkan terlebih dahulu tawas sampai menjadi bubuk. Kemudian bubuk itu dapat kamu larutkan dalam air.

Bersihkan area ketiak, lalu gunakan handuk kecil basahi dengan air tawas tadi dan kompres ke ketiak hingga 15 menit. Biarkan saja air tawas itu mengering untuk hasil yang maksimal.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Kemangi

Salah satu tanaman yang juga bisa untuk menghilangkan penyebab bau badan adalah daun kemangi. Daun yang biasa juga dijadikan lalapan ini bisa kamu gunakan di rumah.

Caranya cukup ambil beberapa helai daun kemangi kemudian remas-remas lalu gosokkan ke area ketiak, karena bau tak sedap cenderung lebih mudah muncul dari ketiak.

Tunggu hingga kering, tanpa dibilas kamu bisa langsung mengenakan pakaian dan beraktivitas seperti biasa.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menumbuk daun kemangi hingga halus lalu tambahkan sedikit air. Kemudian oles ke bagian ketiak dan tunggu mengering hingga satu menit. Setelah mengering kamu bisa mengelapnya dengan handuk maupun tisu.

Selain dapat langsung mengolesinya ke area ketiak, daun kemangi ini juga bisa dimakan setiap hari untuk mengurangi bau badan tidak sedap.

Cara Pakai Deodoran yang Benar

Tips Menghilangkan Bau Badan Secara Alami
Ilustrasi Deodoran (source: freepik.com)

Menggunakan berbagai bahan alami dapat juga menjadi solusi untuk mengatasi bau badan.

Tapi bagi sebagian orang ingin yang lebih praktis, yakni seperti menggunakan deodoran.

Apalagi saat ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan deodoran di pasaran, varian wanginya pun juga beragam.

Tetapi ternyata masih ada saja yang keliru dalam menggunakan deodoran, lalu bagaimana cara pakai deodoran yang benar?

1. Menggunakan deodoran setelah mandi

2. Mengeringkan badan terlebih dahulu baru menggunakan deodoran

3. Mengolesi deodoran secara merata di area ketiak

4. Tunggu deodoran mengering dahulu baru mengenakan pakaian

Dan, ternyata menggunakan deodoran pada malam hari itu lebih efektif loh, tepatnya sebelum tidur.

Karena menurut para ahli, saat malam hari suhu tubuh kita lebih dingin sehingga keringat akan lebih sedikit keluar dibanding saat siang hari.

Sementara kelenjar keringat kita dapat lebih mudah menyerap aktif bahan yang terkandung dalam deodoran tersebut sehingga akan mencegah bau badan dan mengurangi produksi keringat saat siang di keesokan harinya.

Cara Sederhana Cegah Bau Badan

Menggunakan bahan alami maupun deodoran dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan.

Tetapi bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Ternyata ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan loh, ini dia:

1. Mengganti pakaian secara teratur: Hal ini dapat menghindari keringat berlebih menempel di pakaianmu. Maka, baiknya gantilah pakaian secara teratur supaya tidak menimbulkan bau badan akibat bakteri yang menumpuk di pakaian.

2. Hindari mengonsumsi makanan pemicu bau badan: Ada loh beberapa jenis makanan yang menyebabkan bau badan, seperti daging merah, makanan cepat saji, kafein, tembakau, dan alkohol. Maka baiknya hindari, atau kurangi jumlah dalam mengonsumsinya.

3. Mandi secara teratur: Tentunya mandi secara teratur akan mengurangi bau badan, karena badan akan dalam kondisi bersih dari berbagai bakteri penyebab bau badan. Mandi setiap hari pada pagi dan sore hari menggunakan sabun dapat menjadi solusi paling sederhana dalam menghilangkan bau badan.

4. Banyak mengonsumsi air putih: Bau badan juga bisa karena kamu kurang minum air putih. Dengan banyak minum air putih akan dapat mengurangi racun tubuh dan sisa metabolisme. Biasakan untuk cukup minum air putih, paling tidak 8 gelas tiap harinya.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menghilangkan bau badan, baik itu menggunakan bahan alami, memakai deodoran, atau melakukan cara-cara sederhana seperti yang telah disebutkan di atas.

Yuk coba tips menghilangkan bau badan secara alami supaya kamu bisa tampil lebih percaya diri tanpa khawatir bau badan tidak sedap. Kalau kamu belajar hal baru dari artikel ini, yuk share ke media sosial kamu 😊

Share this Article

Saat ini 0 Comments :