Lingkungan Sehat Kita yang Ciptakan, Begini Caranya!

Monday, November 30, 2020 : 15:59

Lingkungan Sehat Kita yang Ciptakan, Begini Caranya!
Lingkungan Sehat Kita yang Ciptakan, Begini Caranya!

Lingkungan sehat – Halo teman-teman, apa kabar nih? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Bicara soal kesehatan, sepakat tidak nih kalau lingkungan sehat juga punya dampak yang besar terhadap kesehatan tubuh kita?

Lingkungan sehat dan bersih itu adalah keadaan lingkungan yang bebas dari kotoran, baik itu sampah, debu, bau tak sedap, dan lain lain. Serta lingkungan tersebut dapat menyediakan air bersih untuk makhluk yang tinggal di dalamnya.

Kira-kira di Indonesia sudah memiliki lingkungan sehat belum ya? Hehe... tidak usah jauh-jauh deh, coba kita lihat lingkungan sekitar saja dulu yuk, apakah sudah bisa dikatakan sebagai lingkungan sehat?

Seperti Apa Ciri-ciri Lingkungan Sehat?

Perlu diketahui ya, yang dikatakan lingkungan tidak hanya yang didiami manusia, tapi juga makhluk hidup lainnya. Karena pada dasarnya, lingkungan terdiri dari dua komponen, yakni biotik dan abiotik.

Lebih jelasnya komponen biotik itu seperti makhluk yang bernyawa, contohnya manusia, tumbuhan, hewan, dan macam-macam mikro organisme lainnya.

Nah, sementara komponen abiotik itu seperti tanah, air, dan udara. Pokoknya komponen yang ada dalam lingkungan tapi tidak bernyawa.

Trus, seperti apa ya ciri-ciri lingkungan yang sehat?

Secara bahasa saja aku yakin teman-teman tahu apa ciri-ciri lingkungan sehat. Kita dapat dengan jelas membedakan antara lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tercemar atau tidak sehat.

Kita bisa kok mengecek apakah lingkungan yang kita tinggali merupakan lingkungan sehat atau bukan. Yakni dengan melihat dari acuan lingkungan sehat berikut ini:

  • Lingkungan sehat memiliki kualitas udara bersih dan nyaman saat dihirup. Udara bersih bersumber dari minimnya polusi di lingkungan tersebut.
  • Pada lingkungan sehat tersedia sumber air bersih yang mudah didapat. Sumber air bersih bisa diperoleh dari galian sumur dengan kedalaman tertentu. Air sumur yang bersih ditandai dengan tidak berwarna, serta tidak beraroma. Kalau air sumur di rumahmu seperti itu, berarti cukup bersih dan aman digunakan ya teman :)
  • Lingkungan sehat memiliki pohon-pohon yang rindang. Pohon rindang bisa membuat lingkungan menjadi lebih asri, nyaman, dan minim polusi udara.
  • Ciri-ciri lingkungan sehat lainnya adalah biasanya menyediakan tempat pembuangan sampah, yang terbagi menjadi sampah organik dan sampah anorganik. Pengelolaan sampah yang baik akan membuat lingkungan menjadi bersih.

Cara Menciptakan Lingkungan Sehat

Ternyata cara menciptakan lingkungan sehat itu mudah kok. Tapi hal yang paling penting dan utama supaya lingkungan sehat bisa tercipta adalah kesadaran dari manusia itu sendiri. Dari diri kita sendiri dulu guys! :)

Secara teorinya cara menciptakan lingkungan sehat itu seperti ini:

Tahap pertama: Membuang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah yang dapat diolah dan yang tidak, dan mendaur ulang sampah plastik supaya bisa jadi barang bermanfaat.

Tahap kedua: Berhenti membuang sampah di sungai atau kali, justru sebaiknya saling bergotong royonglah untuk membersihkan aliran air ini. Manfaatnya saluran air jadi tidak mampet, lancar luncur airnya mengalir tanpa hambatan sampah yang nyangkut. Hehe...

Tahap ketiga: Menjauhkan toilet dari sungai, supaya tidak terjadi pencemaran air. Karena air yang tercemar bisa menjadi sumber penyakit berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Tahap keempat: Menanam pohon dan tumbuhan hijau di lingkungan sekitar. Supaya menjadi sumber lingkungan asri dan nyaman untuk ditinggali. Fungsi lain dari tanaman adalah untuk mengatasi polusi udara dan membuat udara jadi segar.

Akibat Tinggal di Lingkungan Tidak Sehat

Lingkungan Sehat Kita yang Ciptakan, Begini Caranya!
Ilustrasi laut yang tercemar sampah (source: freepik.com)

Dampak buruk jelas akan menghampiri kita nih kalau kita tinggal di lingkungan yang tidak sehat. Beberapa di antara dampak buruknya seperti ini nih:

Anak mudah terserang penyakit kolera. Kolera adalah penyakit yang bisa menyebabkan diare parah tanpa ada rasa sakit sebelumnya. Sebab penyakit kolera jika tidak sengaja mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Ciri-ciri orang yang terkena penyakit kolera adalah mengalami dehidrasi parah akibat diare yang dialaminya.

Penyakit lain yang rentan dialami orang yang tinggal di lingkungan tidak sehat adalah demam berdarah (DBD). Penyakit DBD ini disebabkan nyamuk aedes aegypti yang biasanya bersarang di air tidak bergerak. Hindari saluran air mampet supaya tidak menjadi sarang nyamuk.

Rentan terkena penyakit kulit seperti gatal-gatal atau kurap. Penyakit ini disebabkan oleh jamur dari lingkungan kotor. Kebiasaan mandi dengan air yang tercemar bisa menjadi salah satu penyebab terserang penyakit kulit.

Terserang penyakit Hepatitis A. Penyakit ini menular dari lalat yang membawa kuman penyakit dan hinggap di makanan atau minuman yang kita konsumsi. Gejala awalnya dema, mual sampai kram perut, yang terparah bisa sampai menyebabkan kematian.

Duh, mengerikan sekali ya akibat dari tinggal di lingkungan tidak sehat ini. Pasti kamu tidak mau dong terkena penyakit berbahaya seperti di atas. Maka, yuk mulai dari diri sendiri kita jaga lingkungan sehat kita.

Karena lingkungan sehat kita yang ciptakan sendiri, jaga kesehatan selalu dan buang sampah pada tempatnya ya! Salam. 😊

Share this Article

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.

14 comments:

  1. Nah yang lagi aku praktekin dirumah adalah juga memilah sampah dapur kak, ternyata ini ngaruh ya untuk menciptakan lingkungan bersih.

    ReplyDelete
  2. Kalau lingkungan sehat orang yang menetap dilingkungan tersebut juga pasti senang ya karena ga spaneng ngeliat lingkungan yang kumuh

    ReplyDelete
  3. Setuju banget dengan tulisan ini, Bunda. Kebersihan memang pangkal kesehatan

    ReplyDelete
  4. Setuju nih Put. Lingkungan sehat zaman sekarang keknya makin susah dicari ya. Karena memang masyarakatnya aja yang cuek sama lingkungannya. Yah, semoga aja mulai dari sekarang kita bisa lebih menjaga lingkungan ya.

    ReplyDelete
  5. Pilihan makanan ini emang ngaruh bgt ya mbak put sama Kesehatan. Aku jg udah paling watir kalo anak tiba2 demam, pernh demam gt tak telusuri ternyta gara2 makanannya.

    Btw, sampah ini lg membebani pikiranku bngt. Kmrn buang sampah ke TPS tapi sampah yg udah kupilah di sana ya tetep disatuin lg. Pengen segera mengkompos tp ga ada lahan nih. Galau bgt

    ReplyDelete
  6. Setuju, krna kebersihan sebagian dri iman..wajib bgt jaga kebersihan apalagi klo ada anak

    ReplyDelete
  7. Aku kalo baca baca soal kolera gini jadi ikutan serem gitu kak Put. Asal menerapkan PHBS aja yaah, ngga heran Islam mengajarkan bahwa kebersihan sebagian dari Iman. Saking pentingnya

    ReplyDelete
  8. iya aku tidak mau lingkunganku kotor, yuk kita jaga lingkungan dan bumi kita mbak putri..semangat

    ReplyDelete
  9. Buang sampah di sungaaai ini yang ngeselin banget. Pernah lihat oranf ngelakuin hal ini, dikasih tahu nggak terima. Katanya nanti bisa bersih sendiri. Lhah itu yang dibuang popok bayi huhuhu, gimana ilang sendiri? Memang kita sendiri yang kudu kasih contoh meskipun sederhana agar lingkungan bisa sehat ya

    ReplyDelete
  10. Lingkungan sehat menjadi salah satu tantangan tersendiri buat aku. Karena di rumah hanya dgn 2 anak yang super dupet aktif banget. Hehe

    ReplyDelete
  11. Reminder banget nih untuk menciptakan dan menjaga lingkungan sehat di lingkungan sekitar kita

    ReplyDelete
  12. Pastinya nyaman banget kalau kita berada di lingkungan yang sehat so untuk mewujudkan itu baik kita maupun masyarakat harus punya kesadaran yang tinggi untuk memperhatikan lingkungan ya terutama untuk tidak buang sampah sembarangan

    ReplyDelete
  13. Setuju bgt mba. Lingkungan sehat itu bisa dimulai dr kita sendiri. Aku tuh suka sebel sm orang2 yg abai dg kebersihan lingkungan. Padahal kl lingkungan bersih dan sehat, akan membuat hidup kita jd lbh sehat jg

    ReplyDelete
  14. Jika laut tercemar yang dirugikan manusia itu sendiri, ikan yang dikonsumsi jd tdk sehat, jd sebaiknya bersama2 menjaga kebersihan laut

    ReplyDelete