Melawan Tanda Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Thursday, November 5, 2020 : 11:53
Melawan Tanda Penuaan Dini dengan Bahan Alami
Melawan Tanda Penuaan Dini dengan Bahan Alami

Aku memang belum mencapai usia 30 tahun sih, tapi kok udah mulai waswas ya sama tanda penuaan dini. Kamu juga gitu gak sih?

Penting loh bagi kita melawan tanda penuaan dini, demi menjaga penampilan. Yah, bukannya apa-apa pasti ada di antara sahabat amazing yang auto megang wajah saat lihat perempuan lain yang lebih cantik dan awet muda.

Bukan bermaksud tidak bersyukur atas pemberian Tuhan, tapi kan apa salahnya kita menjaga penampilan untuk kebahagiaan pasangan dan diri kita sendiri. Eeeaaa...

Penyebab Muncul Tanda Penuaan Dini

Tanda penuaan dini tidak serta merta muncul begitu saja nih, tentunya ada faktor-faktor yang mendorong seseorang mengalami penuaan dini. Di antara faktor-faktor tersebut ini dia di antaranya:

Paparan Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang bagus untuk kulit. Tetapi segala sesuatu yang berlebihan tentu akan menimbulkan efek buruk. Sepakat ya?

Sama dengan hal itu, terkena paparan sinar matahari secara berlebih juga akan menimbulkan dampak buruk untuk kulit kamu, salah satunya adalah muncul tanda penuaan dini seperti kerutan.

Trus solusinya bagaimana? Akan percuma saja kita mengurung diri di dalam rumah saat matahari sedang terang-terangnya. Karena sinar matahari dapat tembus ke dalam rumah loh. Jadi, kita akan tetap terkena paparan sinar UV ini.

Jadi yang bisa dilakukan ya menggunakan tabir surya atau sunscreen yang banyak dijual di pasaran. Ada banyak jenis produk sunscreen yang bisa kamu pilih, seperti sunscreen dengan kandung SPF mulai dari 15 hingga SPF 50++ juga ada loh.

Baca Juga: [Review] Illuminare Sun Protect Face & Body Lotion 

Memang apa bedanya sunscreen SPF 15 dan 50++??? Well, mungkin akan kita bahas di artikel selanjutnya ya hihi 😊 Pola Makan Tidak Sehat.

Pola makan yang tidak sehat bukan hanya bisa menyebabkan obesitas dan memicu berbagai penyakit berbahaya. Tapi juga bisa menjadi faktor pemicu munculnya tanda penuaan dini loh.

Tanpa kita sadari banyak makanan sehari-hari yang kita konsumsi menjadi pemicu munculnya tanda penuaan dini. Nih misalnya ya, makanan tinggi protein seperti daging putih, telur, almond, yoghurt, susu, dan lain-lain.

Makanan di atas memang bagus untuk tubuh, seperti yang aku bilang sebelumnya segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk kan? Jadi, penting untuk mengonsumsi makanan berprotein secukupnya.

Selain itu, makanan tinggi gula, daging olahan, makanan dengan kandungan garam terlalu tinggi, serta minuman beralkohol juga contoh lain dari makanan pemicu tanda penuaan dini.

Mulai sekarang baiknya lebih bijak dalam memilih menu makanan dan mengonsumsinya dengan takaran tepat ya sahabat 😊

Kurang Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas jelas akan membuat tubuh lebih fresh di keesokan harinya. Selain itu, juga tentu dapat mencegah tanda penuaan dini.

Kalau kamu mau tau nih, untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas ada tiga hal yang harus terpenuhi. Yakni durasi, kontinuitas, dan kenyenyakan saat tidur. Itulah mengapa orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya.

Merokok

Kamu tentu sepakat kan kalau ada banyak racun di dalam asap rokok. Nah, racun-racun itu juga bisa membuat kulit terkena stres oksidatif. Dimana bisa menyebabkan kulit kering, kerutan, dan juga tanda penuaan dini lainnya seperti dagu kendur.

Kok bisa ya rokok bisa memicu tanda penuaan dini? Jadi ya di dalam rokok itu kan ada zat yang namanya nikotin, nah zat itu bisa menurunkan aliran darah ke organ tubuh, termasuk kulit.

Penurunan aliran darah ini bisa saja menghilangkan oksigen serta nutrisi penting yang kulit butuhkan. Misalnya nih vitamin A yang bagus untuk regenerasi sel kulit.

Stres

Whohooo... ini sih yang rentan banget kita alami ya. Stres! Tapi ternyata stres juga bisa memicu tanda penuaan dini seperti keriput, flek hitam, dan juga garis halus di area dekat mata, hidung dan bibir.

Kalau kronologisnya sih seperti ini, saat stres tidur kita akan terganggu, biasanya tuh kalau malam jadi uring-uringan, tidak bisa tidur nyenyak, nah alhasil munculah kantung mata.

Lalu stres yang berlangsung terus menerus juga akan memicu adanya radikal bebas dalam tubuh yang berujung pada timbulnya kerutan, kulit jadi kering, dan kusam.

Baca Juga: Menulis Puisi Jadi Obat Stres, Atau Bikin Tambah Stres? 

Nah, setelah tau apa saja penyebab dari tanda penuaan dini di atas, kita cari tau yuk bagaimana bisa kita melawan tanda penuaan dini dengan bahan alami.

Yah, berhubung biaya perawatan di klinik kecantikan itu tidaklah murah. Makanya kita harus pintar-pintar mencari informasi apa saja sih bahan alami yang ada di dapur yang bisa kita gunakan untuk membantu melawan tanda penuaan dini.

Bahan Alami untuk Melawan Tanda Penuaan Dini

Melawan Tanda Penuaan Dini dengan Bahan Alami
Bahan Alami untuk Melawan Tanda Penuaan Dini (source: freepik.com)

Ternyata untuk awet muda tidak harus keluar modal besar kan ya sahabat, nih buktinya bahan-bahan alami berikut ini bisa kok untuk membantu kita dalam melawan tanda penuaan dini.

Telur dan Jeruk Nipis

Beberapa di antara tanda penuaan dini adalah munculnya kerutan di area dekat mata dan bibir, serta adanya flek atau bintik-bintik gelap. Nah, masalah ini bisa sirna dengan bantuan campuran telur dan jeruk nipis. Kamu bisa menggunakan bahan yang mudah didapat ini sebagai masker wajah.

Caranya, belah jeruk nipis dan peras airnya ke dalam mangkuk. Kemudian pecahkan telur dan ambil bagian putihnya saja. Aduk kedua bahan tersebut hingga rata lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah.

Diamkan kurang lebih selama 20 menit atau sampai masker mengering dan wajah kamu terasa sedikit ketarik. Langkah terakhir cuci wajah dengan air dingin sampai bersih ya.

Kedua bahan ini bisa membantu dalam melawan tanda penuaan dini karena kandungan protein dalam putih telur yang terbukti dapat mengencangkan kulit yang kendur. Sementara jeruk nipis dapat menghilangkan bintik-bintik atau flek hitam yang muncul di wajah.

Minyak Zaitun

Kamu juga pasti sudah tahu lah ya kalau minyak zaitun memang bagus untuk kulit wajah. Kandungan asam lemak, omega 3 serta antioksidan di dalamnya ini bisa memberikan kelembaban alami kulit.

Nah, cara penggunaannya bisa langsung kamu aplikasikan ke wajah dengan kapas sebagai penghapus make up, atau menjadikannya masker dengan campuran bahan lainnya.

Misalnya kamu campur minyak zaitun dengan buah pepaya yang sudah dihaluskan. Aduk kedua bahan tersebut hingga rata lalu olesi ke seluruh permukaan wajah sebagai masker.

Baca Juga: Apa itu Masker Spirulina dan Manfaatnya [Pengalaman Setelah 2 Tahun Pemakaian] 

Diamkan kurang lebih selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat. Ramuan masker ini bisa menghaluskan wajah kamu loh. Sebab pepaya yang memiliki kandungan enzim papain ini bisa membantu meregenerasi kulit.

Madu dan Gula

Menjelang usia 30an memang rentan memiliki kulit kusam. Kamu perlu tau nih kalau kulit kusam ini bisa disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati.

Nah, cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kulit mati ini adalah dengan exfoliating. Bahan alami yang bisa dijadikan exfoliator salah satunya adalah gula.

Caranya mudah kok, tinggal campurkan saja satu sendok gula pasir dan satu sendok madu. Campurkan hingga rata dan olesi ke seluruh permukaan wajah.

Pelan-pelan saja ya mengolesinya, jangan sampai melukai kulit. Setelah digosok secara perlahan, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Banyak orang yang telah membuktikan kalau gula dapat menghilangkan kulit mati sementara madu bisa membersihkan kotoran dari pori-pori wajah. Jadi, meminimalisir munculnya jerawat.

Alpukat

Siapa nih yang suka buah alpukat? Sama dong, tos! Hehehe....

Selain enak dijus atau campur es buah, alpukat punya manfaat baik untuk kulit wajah kita. Jadi dalam buah alpukat ada lemak sehat, vitamin A dan C, serta serat yang bisa meningkatkan elastisitas kulit serta melawan tanda penuaan dini.

Kamu bisa menggunakan alpukat sebagai masker wajah. Bisa dicampur minyak zaitun, madu, atau air mawar. Kalau kita rutin menggunakan masker wajah dari alpukat ini bisa loh untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Jadi kan tidak rentan jerawatan ya.

Tomat

Siapa nih yang suka juga makan tomat? Sama, tos! Hehehe..

Tomat yang asem-asem manis ini merupakan sumber vitamin C yang bagus loh untuk kulit wajah. Selain itu juga ada kandungan lycopene, lutein, dan beta-karoten yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari dan bisa juga untuk mencegah kerutan.

Kamu bisa membuat masker tomat yang dicampur minyak zaitun ya supaya hasilnya lebih maksimal. Pemakaian yang rutin akan membuat wajah kamu jadi lebih cerah, dan anti keriput deh.

Selain rutin menggunakan masker dari bahan alami di atas, untuk bisa melawan tanda penuaan dini juga harus diimbangi dengan banyak minum air putih, menjaga pola makan, pola tidur, rajin berolahraga, dan jangan lupa bersyukur. Hehe...

Karena dengan bersyukur, kita jadi lebih bahagia. Kalau kita bisa menjalani hidup dengan bahagia kita jadi awet muda. Wah, rumus darimana tuh? Ya, coba saja yuk buktikan!

Baiklah, itu dia ya sedikit sharing dari aku tentang melawat tanda penuaan dini dengan bahan alami. Yah, Cuma mau bilang kalau untuk bisa cantik dan awet muda tidak harus mengeluarkan banyak uang kok. Tinggal manfaatkan saja apa yang ada di dapur (eh). Selamat mencoba!

Share this Article

Terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Komentar kamu akan muncul setelah disetujui, SPAM dan link hidup otomatis dihapus.

7 comments:

  1. kurang tiduuuuur, itu yg susah skali aku hindari, huhu..
    kalo bahan alaminya paling cuma sering pake tomat ya, di jus tanpa gula gitu, sebab karena tomat murah juga sekarang, hihi..

    ReplyDelete
  2. Kamu tentu sepakat kan kalau ada banyak racun di dalam asap rokok.
    Sepakat, dong..

    Tapi kok masih banyak yg merokok yaa mbak haha

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen cobain masker gula madu nya, jujur blum prnah maskeran pake bahan alami gini 😆

    ReplyDelete
  4. Untuk skincare aku selama ini tetep masih mengandalkan produk yang udah jadi, karena kalau DIY kadang khawatir kurang pas dan sayang hehe. Tapi sebenernya bisa aja dicoba ya, sekali-kali sisihin bahannya sekalian ketika lagi masak misalnya.

    ReplyDelete
  5. aku suka maskeran telur dan jeruki nipis, rada ngaruh sih kalo rajin. tapi yang utama bikin wajah seger. kadang ditambah minum juga si perasan jeruknya

    ReplyDelete
  6. Pgn coba yg madu dan gula deh. Krn kulitku suka sensi Ama bbrp produk exfoliating mba. Jd mungkin pake bahan2 alami gini LBH cocok dan ga bikin iritasi :). Ntr di coba. Cuma yg pake putih telur aja aku ga tertarik. Soalnya ga tahaaaaan Ama baunya hahahahhaa.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah meski begitu banyak tanda penuaan dini, sebisa mungkin kita cegah ya Kak. Dengan rajin merawat diri tentunya. Makasih tipsnya Kak Putri

    ReplyDelete