Review Somethinc Level 1% Retinol

Monday, November 9, 2020 : 18:13

 

Review Somethinc Level 1% Retinol
Review Somethinc Level 1% Retinol

Setelah mencoba pakai Somethinc niacinamide dan hyluronic B5, aku kembali mencoba rangkaian produk Somethinc lainnya. Yakni Somethinc level 1% Retinol. Kira-kira seperti apa ya hasilnya?

Apa itu Retinol dalam Skincare?

Sebelum kebablasan jauh, kita perlu tau dulu apa sih retinol itu? Dan apa manfaatnya untuk kulit wajah?

Retinol atau retinoid adalah turunan dari vitamin A yang punya banyak manfaat, seperti mengobati jerawat, mencegah penuaan, dan mempercepat regenerasi sel kulit mati, serta membuat kulit wajah jadi lebih halus.

Zat aktif ini banyak digunakan dalam produk skincare anti-aging, sebab kekuatannya yang bisa mengelupas keratinosit yang lebih tua, dan menjaga kulit tetap segar tanpa perlu gesekan yang keras.

Selain itu retinol dalam skincare bisa membantu meningkatkan produksi kolagen serta elastin pada dermis. Hal yang menariknya lagi nih, biasanya kan skincare memiliki kegunaan spesifik ya...

Misalnya produk A memiliki kandungan Salicylic Acid untuk mengatasi jerawat. Jadi ya tok cuma membasmi si jerawat itu.

Nah, kalau si retinol ini seandainya kamu tidak punya masalah jerawat. Dia akan tetap bermanfaat untuk kamu, yakni meratakan warna kulit wajah dan menjadikannya tampak lebih segar.

Review Somethinc Level 1% Retinol

Review Somethinc Level 1% Retinol
Somethinc Level 1% Retinol

Somethinc merupakan produk lokal yang menurut aku cukup recommended dengan harga terjangkau.

Produknya yang aku pakai adalah serum, meskipun demikian sebenarnya Somethinc tidak hanya memiliki produk skincare tetapi juga produk make up.

Oya, sebagai informasi Somethinc Level 1% Retinol ini merupakan serum terbaru yang dikeluarkan pada tahun 2020 loh. Tetapi, mungkin karena dia adalah ‘retinol’ makanya langsung banyak digandrungi skincare anthusiast ya...

Kemasan

Sama seperti serum terdahulunya seperti Somethinc Niacinamide dan Hyluronic B5, edisi retinol ini memiliki kemasan botol kaca yang tebal dengan bentuk mungil berukuran 20ml.

Untuk sebuah produk serum menurutku 20 ml cukup ya untuk penggunaan satu bulan bahkan lebih. Karena sekalinya pakai kan hanya 3-5 tetes saja.

Ketika kamu menggunakan skincare dengan bahan aktif retinol, jangan berpikir bahwa semakin banyak kamu gunakan akan memberikan hasil maksimal ya.

Big no! Tetaplah menggunakannya sesuai aturan. Kalau aturannya hanya sampai maksimal 5 tetes, tidak perlu kamu lebihkan. Sebab, melebihkan dalam penggunaannya tidak akan berpengaruh.

Yang dibutuhkan adalah penggunaannya yang rutin, bukan hanya beberapa kali namun dalam jumlah banyak.

Ingredients

Aqua, Terephthalylidene Dicamphor Sulfonic Acid, Butylene Glycol, Glycerin, Ceramide-3, Triethanolamine, Retinol, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Allantoin, Hyaluronic acid, Disodium Edta.

Hal yang menarik dari Somethinc Retinol ini adalah kandungan retinol 1% yang diproses dengan teknologi enkapsulasi. Selain itu takaran pH nya setara pH kulit yakni 5-6 jadi tidak akan membuat kulit iritasi. Nah, cocok dan aman banget untuk si kulit sensitif.

BTW, untuk takaran retinol, 1% saja itu sudah cukup banyak kok untuk kulit wajah kita. Kalau dari cerita beauty blogger lainnya, dalam waktu pemakaian 2 minggu sudah terlihat hasilnya.

Untuk retinol sendiri cara bekerjanya yakni dengan menembus sel kulit, membelah diri, kemudian zat ini akan mendeteksi masalah kulit kita di lapisan kulit dengan tertarget, dan langsung memperbaiki sel yang bermasalah.

Nah, saat zat ini bekerja, partikel kristal enkapsulasi nya juga akan menciptakan shield pelindung pada permukaan kulit yang gunanya sebagai pencegah dehidrasi.

Klaim

Pada di belakang kemasannya, Somethinc Retinol ini klaim bahwa serum ini bisa untuk menyamarkan tanda penuaan seperti: kerutan, flek/ noda hitam, hyperpigmentasi, pori-pori, dan garis halus.

Tak hanya itu, tapi juga akan membuat kulit tampak lebih cerah, serta tekstur kulit tampak lebih merata.

Untuk bisa membuktikan apakah benar klaimnya ini bekerja di kulit wajahku. Aku akan mencoba menggunakan produk ini selama satu bulan, atau hingga habis satu botol ya.

Tekstur

Review Somethinc Level 1% Retinol
Tekstur Somethinc Level 1% Retinol

Menurutku untuk teksturnya sendiri dari Somethinc Retinol ini cukup watery ya alias cair seperti air. Mudah diaplikasikan ke seluruh permukaan wajah, dan tidak lengket. Justru cepat meresap ke kulit, jadi tidak perlu menunggu lama kita bisa langsung lanjut menggunakan tahapan skincare lainnya.

Cairannya sendiri berwarna kuning ke hijau-hijauan, dan baunya tidak mengganggu kok. Justru seperti ada wangi bunga meskipun sedikit sekali baunya.

Cara Pakai

Pemakaian Somethinc Retinol sebenarnya sama saja dengan serum pada umumnya, yakni dengan meneteskan serum 3 hingga 5 tetes ke permukaan wajah dan meratakannya sambil tepuk-tepuk sedikit.

Tetapi, khususnya serum dengan kandungan retinol ini perlu diperhatikan ya penggunaannya. Tepatnya jangan sembarang me-layer-kan retinol dengan kandungan lainnya.

Seperti peringatan yang tertulis pada kemasannya ini juga dijelaskan, bahwa retinol tidak boleh digunakan bersamaan atau layering dengan AHA BHA/ Salicylic Acid, atau Benzoyl Peroxide.

Serta serum retinol juga tidak boleh dipakai ibu hamil. Oleh karena itu, penting memang untuk mencari informasi selengkap mungkin terkait produk perawatan wajah untuk ibu hamil. 

Oya, retinol ini juga jangan dipakai kalau kita habis melakukan perawatan peeling ya. Setidaknya stop penggunaan 3-4 hari, baru kemudian pakai retinol lagi boleh.

Hasil Pemakaian

Aku tidak tau sih ya dan tidak berani mengklaim apakah Somethinc ini merupakan serum retinol terbaik atau bukan, tapi sejauh ini aku merasa aman-aman saja dalam menggunakannya, tidak ada efek samping buruk.

Tetapi karena aku baru menggunakan serum ini belum ada dua minggu, jadi sebenarnya aku belum merasakan perubahan yang signifikan pada kulit wajahku.

Hanya saja, setelah beberapa menit penggunaan wajah memang jadi terasa lebih halus sih. Serta sedikit lebih lembab.

Aku percaya sih kenapa hanya sedikit terasa lembabnya, karena ya pada dasarnya retinol bukan bertujuan khusus untuk melembabkan. Itulah mengapa setelah menggunakan retinol kita tetap dianjurkan menggunakan moisturizer atau pelembab wajah, serta sunscreen jika digunakan di siang hari.

Harga Serum Somethinc Retinol

Setelah tau apa itu retinol dan manfaatnya untuk kulit wajah, kira-kira mahal tidak sih ya harga Somethinc Retinol ini?

Waktu itu aku beli produk ini untuk isi seserahan nikahan hehe.. jadi sekitar bulan Juli lalu, belinya online di website beautyhaulofficial dengan harga Rp 155.000.

Dibilang affordable sih tidak ya, tapi kalau memang khasiatnya menakjubkan di kulit wajah, harga segitu menurutku tidak terlalu mahal kok ya..

Dibandingkan dengan serum niacinamide, hyluronic B5, dan juga AHA BHA Peeling Solution, si retinol ini memang yang paling mahal sih.

Meskipun ada lagi sih yang lebih mahal dari si retinol ini, yakni Somethinc Criously 24K Gold Essence, harganya 225 ribuan. Wow ya!

BTW, aku penasaran sih sama Somethinc yang AHA BHA Peeling Solution itu. Semoga suatu saat bisa kebeli ya dan bisa tulis review nya di sini. Hehe..

Kesimpulan

Retinol merupakan salah satu bahan aktif pada skincare yang punya banyak manfaat untuk kulit wajah, terutama dalam menyamarkan tanda penuaan. Tetapi, perlu hati-hati juga dalam penggunaannya, jangan di layer dengan AHA BHA/ Salicylic Acid, supaya wajah tidak iritasi.

Sekian dulu ya review Somethinc Level 1% Retinol dari aku yang baru semingguan pakai, untuk hasilnya setelah sebulan nanti akan aku update deh di Instagram aku. 😊

Share this Article